Kurang Laku, Produksi Sejumlah Model Nissan dan Datsun Akan Dihentikan

Beberapa model yang akan dipangkas merupakan produk yang dari segi penjualannya sangat lamban di bawah merek Nissan dan Datsun.

Kurang Laku, Produksi Sejumlah Model Nissan dan Datsun Akan Dihentikan
KONTAN
Mobil Datsun 

TRIBUNKALTIM.CO-Untuk melakukan efesiensi yang dikejar untuk mengurangi produksi sampai 10 persen, maka Nissan berencana untuk menghentikan produksi sejumlah produknya yang saat ini telah dipasarkan.

Sebelumnya, untuk melakukan efesiensi, Nissan juga telah melakukan pemangkasan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 12.500   karyawan seluruh Indonesia. 

Beberapa model yang akan dipangkas merupakan produk yang dari segi penjualannya sangat lamban di bawah merek Nissan dan Datsun.

Bahkan mobil sport kupe garapan Nissan dan Infiniti pun juga dikabarkan masuk dalam bursa suntik mati.

Untuk Datsun yang dilahirkan kembali dengan harapan bisa mendongkrak pasar sebagai mobil murah, justru menjadi bumerang.

Beberapa pasar utamanya seperti India, Rusia, dan Afrika dianggap gagal menciptakan dampak penting. Bahkan meski Nissan sempat mengalah di India untuk Datsun, tapi kesuksesannya tak berlangsung lama.

Beberpa model Datsun (GO, GO+, dan Redigo) berangsur-angsur mengalami penurunan dalam penjualan.

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Untuk pasar international, terutama di Amerika Serikat, mobil mungil layakanya Versa Note dan Sentra kemungkinan besar juga akan dihentikan produksinya.

Kedua mobil tersebut dianggap kalah pamor dengan menjamurnya segmen crossover. Saat ini Nissan menjual lebih dari 60 varian kendaraan di seluruh dunia.

Diprediksi, dari jumlah tersebut, 10 modelnya akan disudahi pada awal 2022 mendatang. Meski kabarnya sudah cukup kencang, sayangnya sampai saat ini tidak ada kejelasan pasti dari pihak Nissan Motor Indonesia (NMI).

Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi, dalam keterangan singkatnya hanya membenarkan masalah pengurangan 12.500 karyawan yang akan dilakukan Nissan global tanpa menyebutkan berapa banyak yang terdampak di Indonesia dan produk apa yang akan kena imbasnya. (*)

Baca Juga

HARGA Terbaru Nissan New Livina, Simak Selera yang Dipilih, Ada yang Murah New Livina E MT

Ada Bocoran Tertangkap Kamera Nissan Juke Generasi Kedua, Begini Penampakannya

Nissan Terra, SUV Baru Nissan Memiliki Beragam Fitur Canggih

Lebih Garang, Nissan Segera Luncurkan New Terra

Foto-foto Nissan Terra, Calon Jagoan Off-Road Pesaing Pajero Sport, Rush, dan Fortuner

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beberapa Model Nissan dan Datsun Akan Disuntik Mati", https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/31/162400715/beberapa-model-nissan-dan-datsun-akan-disuntik-mati.

Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved