Ibu Kota Baru

Gubernur Kaltim Isran Noor tak Merayu Presiden Jokowi Pilih Kalimantan Timur jadi Ibu Kota Baru RI

Rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan tampaknya hampir final. Kali ini Kalimantan Timur masuk kandidat kuat.

Gubernur Kaltim Isran Noor tak Merayu Presiden Jokowi Pilih Kalimantan Timur jadi Ibu Kota Baru RI
Tribunkaltim.co/Purnomo Susanto
Gubernur Kaltim, Isran Noor saat menyampaikan keterangan pers usai menghadiri acara, Jumat (28/6/2019), pukul 10.40 Wita, di Swiss Belhotel Borneo Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Bahasan mengenai pemindahan ibu kota Indonesia ke Pulau Kalimantan masih terus dimatangkan. Presiden Jokowi atau Joko Widodo, sudah resmi menyatakan Ibu Kota Baru Republik Indonesia akan ada di Pulau Kalimantan namun belum secara spesifik sebutkan provinsi mana di Pulau Kalimantan tersebut. 

Satu di antara daerah yang masuk dalam kandidat calon Ibu Kota Baru RI, Kalimantan Timur menjadi pusat pembicaraan, ada yang mengaitkan Kalimantan Timur jadi kandidat kuat dalam pemindahan ibu kota Indonesia ke Pulau Kalimantan Timur. 

Baru-baru ini menyeruak kabar Gubernur Kaltim Isran Noor akan mendatangi ke Jakarta, bersua dengan Bappenas lakukan presentasi. Bahkan dikabarkan juga akan bertemua Presiden Jokowi untuk menjelaskan soal kesiapan Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Baru bagi Indonesia. 

Tetapi Gubernur Kaltim Isran Noor tegaskan, datang ke Jakarta bukan bermaksud merayu atau lobi ke Presiden Jokowi untuk bisa menerima Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Baru bagi Indonesia. 

Ditegaskan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, mengatakan, pihaknya tidak pernah melakukan lobi ke pemerintah pusat terkait penentuan lokasi Ibu Kota Baru negara Indonesia.

Kali ini Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan, Pemprov Kalimantan Timur hanya menyampaikan data-data yang diperlukan oleh pemerintah pusat.

Jelas saja Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan ia tidak pernah melakukan lobi apapun baik secara diam-diam ataupun terbuka.

Menurut Gubernur Kaltim Isran Noor, jika nanti terpilih karena lobi maka akan ada berbagai persyaratan khusus yang tentunya malah akan menyulitkan.

"Kalau negara ataupun pemerintah pusat memerlukan pemindahan Ibu Kota Baru, kami Kalimantan Timur siap," ungkap Gubernur Kaltim Isran Noor.

Mengenai penetapan akhirnya. "Ya bersama-sama kita tunggu saja keputusan Presiden Jokowi," tutur Gubernur Kaltim Isran Noor.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved