Kendaraan Pribadi Berusia Lebih 10 Tahun tak Diperbolehkan Beroperasi di Jakarta, Mulai Tahun 2025

memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 2025.

Kendaraan Pribadi Berusia Lebih 10 Tahun tak Diperbolehkan Beroperasi di Jakarta, Mulai Tahun 2025
(KOMPAS/PRIYOMBODO)
Kepadatan kendaraan di tol dalam kota di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (7/5/2013). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Usia kendaraan pribadi yang beroperasi di ibu kota Jakarta, banyak di antaranya berusia di atas 10 tahun.

Pemprov DKI Jakarta akan membatasi usia kendaraan yang boleh beroperasi di Jakarta.

Kendaraan berusia di atas 10 tahun tidak diperbolehkan untuk beroperasi.

Selain perluasan ganjil genap dan peremajaan angkutan umum, Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara yang resmi ditandatangani Anies Baswedan.

Ingub itu juga akan mengatur populasi kendaraan pribadi di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkekeh saat Pembawa Acara E Talk Show, Wahyu Muryadi atau Om Way tiba-tiba tanya kesiapannya maju di pemilihan presiden (pilpres) 2019. Hal tersebut seperti tampak dalam siaran langsung E Talk Show yang tayang di tvOne, Jumat (26/7/2019) malam.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkekeh saat Pembawa Acara E Talk Show, Wahyu Muryadi atau Om Way tiba-tiba tanya kesiapannya maju di pemilihan presiden (pilpres) 2019. Hal tersebut seperti tampak dalam siaran langsung E Talk Show yang tayang di tvOne, Jumat (26/7/2019) malam. ((YouTube Talk Show tvOne))

Anies Baswedan meminta beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk menyiapkan rancangan mengenai pembatasan kendaraan pribadi.

Diwacanakan pada 2025 mendatang, kendaraan pribadi yang usainya sudah lebih dari 10 tahun tidak boleh lagi beroperasi di Jakarta.

Hal ini tertuang dalam Ingub No. 66 Tahun 2019 nomor 3 yang berbunyi ;

"Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 2025."

Dalam rinciannya, masalah uji emisi dilimpahkan pada Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta agar melakukan pengetatan ketentuan bagi seluruh kendaraan pribadi pada 2019.

Halaman
12
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved