Pasang Aki Harus Sesuai Spesifikasi, bisa Mempengaruhi Kendaraan

Bagi pemilik kendaraan baik sepeda motor maupun mobil, bila ingin membeli aki maka harus lebih teliti

Pasang Aki Harus Sesuai Spesifikasi, bisa Mempengaruhi Kendaraan
(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Ini beberapa jenis aki mobil. 

TRIBUNKALTIM.CO-Bagi pemilik kendaraan baik sepeda motor maupun mobil, bila ingin membeli aki maka harus lebih teliti. Karena paling utama adalah jangan sampai luput dari kode atau spesifikasi dari aki sebelum digunakan, bila berbeda maka banyak dampak negatif yang akan merugikan pemilik kendaraann.

Memang selama ini aki merupakan komponen yang tidak bisa diabaikan bahkan sangat penting untuk setiap kendaraan. Namun ternyata aki juga bisa mengalami kerusakan, meski selalu dilakukan perawatan secara rutin. 

Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso menjelaskan, setiap  mobil punya spesifikasi aki yang berbeda, baik dari ukuran sampai soal kapasitas ampere-nya.

Karena bila asal  beli atau tidak sama serta saat memasang aki lanjutnya, maka dampaknya malah mendatangkan masalah baru, bahkan bisa lebih merugikan

Menurut Suparman, bila aki baru yang dipasang tidak cocok atau berbeda spesifikasi dari yang seharusnya maka bisa mempengaruhi kinerja dari beberapa komponen kelistrik pada mobil.

Mulai dari lampu, sistem audio, bahkan sampai engine control unit (ECU).  Parahnya lagi, audio dan ECU juga bisa rusak akibat kapasitas aki yang tak sesuai dengan spesifikasi kendaran.

Untuk itu, Suparman menjelaskan sebaiknya membeli aki yang standar atau sesuai anjuran pabrikan. "Jangan asal atau menebak. Untuk mengetahui kapasitas aki standar pada mobil dapat dilihat di buku manual.

Lihat juga soal kodenya, seperti NS40Z dan lainnya. Setelah itu perhatikan soal tegangan atau volt-nya, jangan sampai lebih atau kurang dari yang telah ditentukan pabrikan," ujar Suparman. (*)

Baca Juga

Inilah Tempat Beli Suku Cadang Mobil yang Sudah Disuntik Mati

Wapres JK Usulkan Pengembangkan Mobil Listrik, Untuk Kurangi Polusi Udara

Truk Tronton Bawa 350 Sak Semen Mendadak Mogok di Tanjakan Gunung Guntur, Mobil Lain Putar Balik

GIIAS 2019 Usai, Mobil MPV Murah Masih Berdiskon, Seperti Toyota Avanza Bisa Sampai Rp 20 Jutaan

Kini Game PUBG Mobile Lite bisa Diunduh, Cukup Pakai RAM di Bawah 2 GB

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Negatif Pasang Aki Tak Sesuai Spesifikasi", https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/31/092200115/efek-negatif-pasang-aki-tak-sesuai-spesifikasi.

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved