Saat Kendarai Honda Monkey, Hati-Hati Saat Pengereman Akan Terjadi Hentakan

Apalagi sepeda motor mini dengan harga Rp 65 juta ini punya beragam fitur yang membuatnya bersanding dengan motor besar ( moge) CBR1000SP.

Saat Kendarai Honda Monkey, Hati-Hati Saat Pengereman Akan Terjadi Hentakan
TribunKaltim.CO/ HO/ Astra Honda Motor
Honda Monkey - Honda Monkey resmi meluncur di Indonesia dalam pameran GIIAS 2019. Motor ini dibanderol dengan harga Rp 65 juta OTR Jakarta. 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan Honda Monkey di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 . 

Peluncuran motor ini menjadi perhatian penggemar roda dua di Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian adalah hadirnya fitur Anti-lock Braking System (ABS) dengan tambahan sensort Inertia Monitoring Unit (IMU). Sensor ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas saat pengereman.

Apalagi sepeda motor mini dengan harga Rp 65 juta ini punya beragam fitur yang membuatnya bersanding dengan motor besar ( moge) CBR1000SP.

"Honda Monkey punya ground clearence yang pendek. Jadi ketika melakukan pengereman bisa saja ada kemungkinan hentakan dan ban ikut naik. Jadi teknologi IMU ini untuk mencegah hal seperti itu terjadi," ucap Technical Division PT AHM Endro Sutarno saat ditemui beberapa waktu lalu.

Meski sangat canggih, fitur ini butuh perhatian khusus. Terutama untuk mencegah kerusakan. Ini karena fitur IMU cukup peka terhadap hentakan atau benturan.

Peringatan khusus bahkan sudah diungkapkan bagi mekanik yang ingin membongkar motor bermesin 125 cc tersebut.

"Harus menangani IMU dengan hati-hati. Bila terjatuh harus diganti dengan yang baru. Selain itu dilarang menggunakan impact wrench dan jangan terkena benturan saat pemasangan IMU," ucap Endro.

Sayangnya Endro belum mengetahui berapa harga IMU baru jika harus diganti baru.

Pihak Honda sudah mensosialisasikan perihal ini ke pemilik dan teknisi di lapangan untuk berhati-hati saat membongkar karena letaknya tersembunyi di bawah rangka.

IMU yang terkena benturan akan berkurang sensivitasnya. Meski demikian fitur ABS tetap berfungsi, hanya kemampuan membaca sudut kemiringan yang akan berkurang.

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved