Peta Politik di DPRD Balikpapan, Partai Gerindra Membuka Pintu Koalisi Fraksi

Kendati demikian, Partai Gerindra masih buka pintu kepada partai lainnya untuk bergabung dengan fraksi mereka.

Peta Politik di DPRD Balikpapan, Partai Gerindra Membuka Pintu Koalisi Fraksi
TRIBUNNEWS
Ilustrasi Partai Gerindra dan PKS 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Partai Gerindra buka pintu kepada parpol lainnya di parlemen yang tak bisa membuat fraksi sendiri di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, DPRD Balikpapan.

Diketahui hanya PDI Perjuangan, Golkar, Partai Gerindra dan PKS yang bisa langsung membuat gerbong fraksi sendiri di parlemen, DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur.

Namun tak mustahil ada partai lain yang ingin merapat dan bergabung ke mereka. Seperti PKB yang kini merapat ke PDI Perjuangan, usai tidak ditanggapi oleh Golkar soal urusan fraksi di parlemen.

"Saya genap semuanya,fraksi Golkar sendiri, PKS sendiri, PDIP sendiri, Gerindra sendiri. Yang kasak kusuk cari partner (partai) tak cukup kursi fraksi, mereka sepakat gabubgan fraksi," ungkap politisi Gerindra Sabaruddin Panrecalle yang digadang jadi figur yang ditawarkan partai berlaga di Pemilukada 2020 mendatang

Kendati demikian, Partai Gerindra masih buka pintu kepada partai lainnya untuk bergabung dengan fraksi mereka.

"Katanya mereka solid. Mudahan mereka solid. Kalau ada teman-teman merapat ke Gerindra ya monggo. Kita buka pintu," tuturnya.

Namun tetap ada catatan, bahwa Gerindra punya mekanisme sendiri dalam setiap mengambil keputusan politik. Apalagi menyangkut visi-misi partai yang bersinggungan dengan kesejahteraan dan kepentingan masyarakat

"Dengan catatan bahwa kita punya mekanisme sendiri, kalau ndak bisa begitu, ya mohon maaf. Fraksi kita sudah ada acuan. Kalau mau ikut 1 komitmen, 1 arah dan visi. Kalau tak bisa silakan cari rekan yang lain," tuturnya. 

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, tampaknya masih 'malu-malu' mengakui kabar merapatnya mereka ke PDIP soal Pilwali Balikpapan 2020.

"Kalau berbicara bakal merapat kita kan masih ada pimpinan tertinggi, ada pimpinan wilayah dan pusat. Kalau keinginan sendiri, ya, kalau sangat dibutuhkan kita merapat," kata Caleg PKB Terpilih Pileg 2019, Taufik Qul Rahman, Rabu (31/7/2019).

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved