Gelombang Tinggi Ancam 3 Perairan, Prakiraan Cuaca BMKG Balikpapan, Jangan Lupa Jemur Pakaian

Kepala BMKG Balikpapan Ibnu Sulistyono juga mengimbau warga untuk memperhatikan resiko tinggi dalam pelayaran.

Gelombang Tinggi Ancam 3 Perairan, Prakiraan Cuaca BMKG Balikpapan, Jangan Lupa Jemur Pakaian
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
ILUSTRASI; Para nelayan tradisonal memilih untuk tidak melaut, atau melaut tidak jauh dari tempat tinggal mereka untuk menghindari gelombang tinggi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - BMKG Balikpapan mengeluarkan peringatan ancaman gelombang setinggi 2 meter di wilayah Perairan Balikpapan, Selat Makassar Bagian Tengah dan bagian utara.

Kepala BMKG Balikpapan Ibnu Sulistyono mengatakan warga harus memerhatikan risiko tinggi dalam pelayaran. Bagi perahu nelayan waspada kecepatan angin di atas 15 knot, dengan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kepala BMKG Balikpapan Ibnu Sulistyono juga mengimbau warga untuk memperhatikan resiko tinggi dalam pelayaran. Bagi perahu nelayan waspada kecepatan angin di atas 15 knot, dengan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Pun dengan kapal tongkang yang terancam diterpa gelombang lebih dari 1,5 meter. Kapal Feri waspadai gelombang di atas 2,5 meter.

"Nelayan harap pertimbangkan kondisi tersebut sebelum melaut. BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir akan potensi gelombang tinggi," ujarnya, Senin (5/8/2019).

Kondisi angin di perairan secara umum dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 3 sampai 20 knot. Sementara prediksi cuaca di perairan Balikpapan, Perairan Kota Baru, Selat Makassar bagian tengah dan Selat Makassar bagian utara diprakirakan cuaca cerah berawan.

Di darat, menurut prakiraan cuaca BMKG Balikpapan pada Senin (5/8/2019) cuaca cerah diprediksi bakal mendominasi Balikpapan.

Diprediksi tak ada hujan yang mengguyur kota Balikpapan sepanjang hari. Jadi bagi warga yang hendak jemur pakaian tak khawatir kebasahan. Soal suhu rata-rata 21-30 derajat di 6 Kecamatan Balikpapan. Suhu paling tinggi 30 derajat di seluruh Kecamatan Balikpapan Kota.

Sementara kecepatan angin diprediksi 10-30 knot. Angin kencang diprediksi terjadi di Balikpapan Timur dengan kecepatan angin mencapai 30 knot. (bie)

Baca Juga;

Diserang Hingga Tiga Kali, Menteri Susi Tingkatkan Pengamanan di Rumah Pribadinya, Tapi Tidak Urus

Gading Marten Akui Kesalahan Fatalnya hingga Bercerai dari Gisel, Mengaku Terlalu Menggampangkan

Ramalan Zodiak Senin 5 Agustus 2019: Cancer Bahagia Hari Ini, Beruntung Bagi yang Baru Menikah

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved