Ingin Jaga Keselamatan Berkendara Bagi Pemula, Ini Tujuh Tips Yang Harus Diperhatikan

ada tujuh sikap tubuh yang perlu dilakukan pengendara pemula, laki-laki maupun perempuan, untuk keselamatan di jalan.

Ingin Jaga Keselamatan  Berkendara  Bagi Pemula, Ini Tujuh Tips Yang Harus Diperhatikan
Flickr
Ilustrasi - wanita mengendarai sepeda motor 

TRIBUNKALTIM.CO-Kecelakaan lalulintas (Lakalantas) yang sering terjadi sehingga perlu dilakukan sosialisasi terutama kepada para pengendara roda dua.

Hal ini dilakukan agar bisa menumbuhkan kesadaran dalam berkendara dengan tertib terutama bagi para pemula. Apalagi saat ini, para pemula atau baru bisa mengendarai motor lebih memilih jenis skutik sebagai alat transportasinya. 

Intruktur keselamatan berkendara dari PT Indako Trading Medan, Eka Yolahati seperti yang dilansir Kompas.Com, mengungkapkan ada tujuh sikap tubuh yang perlu dilakukan pengendara pemula, laki-laki maupun perempuan, untuk keselamatan di jalan.

Ketujuh sikap tubuh itu adalah: 

1.Pandangan mata. Pandangan harus lurus ke depan dengan sesekali memperhatikan kiri kanan atau sekeliling motor namun hanya sepersekian detik .

Selain pandangan, pengendara motor juga tidak boleh mengandalkan kaca spion untuk melihat kondisi sekeliling kendaraan. Ini karena kaca spion masih memiliki titik buta yang membuat kendaraan lain tidak terlihat.

2. Sikap tubuh yakni pundak, harus rileks untuk mencegah kelelahan saat berkendara.

3. Lengan yang harus membentuk siku untuk kesiapan tubuh bermanuver. Karena kalau lengan lurus, saat melakukan pengereman akan sakit. Jadi tekuk seperti suspensi atau lengan ayun

4. Genggaman jari tangan di tuas gas, harus empat jari penuh. Begitu juga saat pengereman, harus empat jari dan hindari penggunaan hanya dua jari.

Pengereman dengan empat jari akan membuat tuas gas tertutup dan kendaraan melambat. Pengereman dua jari hanya dilakukan untuk keperluan balap dan bukan cara tepat untuk berkendara aman di jalan raya.

5. Posisi pinggul harus duduk sempurna di atas jok. Untuk mendapatkan posisi nyaman biasanya pengendara berdiri sebentar lalu duduk menempatkan pantatnya tepat di jok.

6. Posisi lutut. Bagi pengguna skutik posisi kaki harus rapat dan berada di balik sayap depan kendaraan. Posisinya jika terlihat dari depan, seluruh bagian kaki akan terlindung di balik sayap motor skutik. Jangan membuka kaki terlalu lebar karena berpotensi terserempet kendaraan lain.

Jadi kalau kaki rapat, lutut berada di dalam, jika terserempet dari depan sayap skutiknya dulu yang kena. Untuk motor sport juga sama. Posisinya mengapit ringan tangki motor untuk keamanan dan keseimbangan. 

7. Posisi kaki harus lurus dan berada di atas footstep. Tidak boleh terlalu jauh di depan atau belakang. Jika semua posisi berkendara ini dilakukan maka akan tercipta segitiga keamanan berkendara. Ini membuat pengendara aman dan keseimbangan bermanuver terjaga. (*)

Baca Juga

Video Oknum Polisi Sumpal Mulut Pengendara Wanita dengan Surat Tilang Kembali Viral, Begini Faktanya

Ban Vulkanisir Wajib Standar Nasional Indonesia, Demi Keamanan Pengendara

Niat Tegur Sopir Mobil Ugal-ugalan, Pengendara Sepeda Motor Ini Malah Ditabrak Sampai Terpelanting

Saat Terjadi Gempa, Pengendara Jangan Panik, Ini Yang Harus Dihindari

Pengendara Sepeda Motor Masuk Tol Warugunung, Atribut yang Dipakai pun Peci dan Sarung Sampai Viral

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved