Berita Pemkab Mahakam Ulu

226 Rumah Warga Mahulu Kini Dialiri Air Bersih, Bupati Resmikan Prasana Umum Kampung Matalibaq

Pembangunan dibiayai melalui alokasi dana kampung (ADK), ADD dan batuan dari perusahaan setempat berupa sarana air baku.

226 Rumah Warga Mahulu Kini Dialiri Air Bersih, Bupati Resmikan Prasana Umum Kampung Matalibaq
HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH meresmikan sejumlah fasilitas umum di Kampung Matalibaq Kecamatan Long Hubung, Rabu (31/7/2019). 

UJOH BILANG - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH meresmikan sejumlah fasilitas umum di Kampung Matalibaq Kecamatan Long Hubung, Rabu (31/7/2019).

Pembangunan yang dibiayai melalui alokasi dana kampung (ADK), ADD dan batuan dari perusahaan setempat berupa sarana air baku.

Selain itu, diresmikan juga penggunaan Kelom¬pok Bermain/PAUD Mas Romeo Matalibaq dan penggunaan kendara¬an pembuangan sampah warga Kampung Mata¬libaq serta meninjau are¬al tempat pembuangan sampah.

Ditemui usai meresmi¬kan fasilitas umum terse¬but Bupati Mahulu meng¬apresiasi pembangunan yang telah dilaksanakan oleh aparatur pemerin¬tah Kampung Matalibaq, sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Ini meru-pakan kemajuan dan ini memang yang kita harap¬kan seperti yang sering disampai pada setiap ke¬sempatan, bahwa aparat kampung menggunakan anggaran yang langsung menyentuh ke masyara¬katnya,"ucap Bupati.

Bupati menambahkan, setelah ditinjau dari be¬berapa pembangunan tersebut memang sangat dibutuhkan masyara¬kat Kampung Matalibaq.

"Adapun prasarana yang kita resmikan ini dan me¬mang langsung bersen¬tuhan dengan masyara¬kat, seperti penbangunan sarana air bersih, dan pembangunan prasarana pendidikan yang memang sangat diperlukan oleh masyarakat, inilah wu¬jud dari sebagian upaya pemerintah daerah mela¬lui pemerintah kampung mempersiapkan pasilitas tersebut,"ungkap Bupati.

Akhirnya Bupati berha¬rap pembangunan seperti ini dapat dicontoh kam¬pung lain dan selalu akan didukung penuh oleh pe¬merintah daerah.

"Saya berharap proses pemba¬ngunan tingkat kampung seperti ini, semakin lama semakin bagus dan terus terjaga pemanfaatannya. Pengelolaannya harus transparan sesuai regula¬si yang ada, baik peratur-an dari pemerintah pusat maupun pemerintah da¬erah. Apa bila ini tidak diikuti saksi hukumnya akan diterima,"tegas Bupati.

Petinggi Kampung Ma¬talibaq Huvang Paran, S.Pd mengatakan, sebe¬lum pembangunan ini berlangsung aparat kam¬pung bersama-sama ma¬syarakat menentukan kebutuhan mendasar apa yang perlu dibangun. Yang memang sangat di¬butukan oleh warga kam¬pung agar memang langsung dapat dirasakan.

"Terkait pembangunan yang telah berlangsung di Kampung Matalibaq ini, melalui anggaran Tahun 2018-2019, yang diresmikan Bupati Mahulu. Untuk sarana air baku telah dinikmati oleh warga Kampung Matalibaq seka¬rang ini, telah terpasang 226 rumah dan akan menyusul tinggal 42 rumah yang belum terpasang," ungkap Petinggi.

Ia berharap setiap pem¬bangunan di suatu daerah itu memakan biaya yang mahal terutama di wila¬yah Mahulu sendiri, jadi seluruh warga Kampung Matalibaq umum dan ter¬khusus untuk warga Mahulu wajib bersama-sama memelihara fasilitas yang telah dibangun ini, digunakan sesuai dengan fungsinya secara terus menerus.

Dalam kesempatan ini pula Bupati Mahulu ber¬sama rombongan menin¬jau stan aneka kerajinan tradisional para warga masyarakat Kampung Matalibaq dan menanam pohon kenangan penca¬nangan BBGRM tahun 2019. (hms8)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved