Berdalih Sebagai Dept Collector, Pelaku Rampas Motor Lalu Digadaikan

Aksi perampasan berkedok sebagai dept collector berhasil diungkap Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang.

Berdalih Sebagai Dept Collector, Pelaku Rampas Motor Lalu Digadaikan
TribunKaltim.Co/Christoper Desmawangga
DEPT COLLECTOR - Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Nono Rusmana membeber kasus perampasan yang dilakukan oleh empat pelaku dengan berdalih sebagai dept collector, serta seorang penadah, Selasa (6/8/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Aksi perampasan berkedok sebagai dept collector berhasil diungkap Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang.

Dalam kasus ini, lima orang pria ditetapkan sebagai tersangka, diantaranya empat pelaku sebagai eksekutor, yakni Amir Hamzah (29), Idham (42), Wahyudi (36), dan Ali Hasan (46), serta seorang penadah, Agus Niati (37).

Sebelum terungkap, para pelaku sempat merampas kendaraan roda dua milik seorang warga Jalan PM Noor, Kelurahan Sempaja Selatan, Samarinda Utara pada 30 Juli 2019 lalu.

Kendati sempat menolak agar motornya tidak dibawa, namun akhirnya korban tidak berdaya dengan berbagai macam gertakan dari pelaku. Wajar saja, tampang sangar dari pelaku membuat korban ciut.

Saat itu, pelaku menyampaikan kepada korban jika pihaknya merupakan dept collector dari salah satu leasing di kawasan Samarinda Seberang. Kedatangannya  untuk menyita motor korban, karena dianggap bermasalah dalam pembayaran angsuran.

Namun demikian, korban tetap merasa keberatan dengan tindakan tersebut, dan melaporkan ke Polsek Sungai Pinang.

Ternyata setelah ditelusuri, pelaku mendapatkan data sejumlah warga yang bermasalah terhadap pembayaran angsuran kendaraan, dari sebuah aplikasi yang dapat diakses oleh siapa pun.

Berbekal data dari aplikasi tersebut, pelaku menjalankan aksinya dengan dalih suruhan leasing untuk menyita kendaraan.

"Dari data yang saya dapatkan, motor itu memang bermasalah. Lalu saya ajak teman-teman untuk ikut menyita motor tersebut," ucap Amir Hamzah, otak dari kasus pemerasan tersebut, Selasa (6/8/2019).

Setelah berhasil menyita motor korban, pelaku lantas membawa motor tersebut guna digadaikan ke kenalannya di Balikpapan. Motor berhasil digadai seharga Rp 5 Juta, lalu dibagi Rp 700 ribu per orang,

Halaman
123
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved