Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Buka MTQ ke-1 Tingkat Kecamatan Marang Kayu, Begini Harapan Edi Damansyah

Saya berharap melalui MTQ ke-1 ini dapat terjalin keakraban antar seluruh komponen yang terlibat. Baik antar kafilah dan peserta

Buka MTQ ke-1 Tingkat Kecamatan Marang Kayu, Begini Harapan Edi Damansyah
HUMASKAB KUKAR/PROKOM
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menekan tombol sirine tanda resmi dibukanya MTQ ke-1 di Kecamatan Marang Kayu. 

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-1 Tingkat Kecamatan Marang Kayu ditandai dengan penekanan tombol sirine, di Desa Semangko, Marang Kayu, Sabtu (3/8/2019).

“Saya berharap melalui MTQ ke-1 ini dapat terjalin keakraban antar seluruh komponen yang terlibat. Baik antar kafilah dan peserta, tim official, panitia pelaksana, hingga dalam skala yang lebih luas, yaitu antara Pemerintah dan masyarakat sebagai modal yang baik guna menopang soliditas antarwarga khususnya di kecamatan Marang Kayu,” katanya.

Edi Damansyah berharap agar standar kualitas MTQ terus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan. Hal ini menjadi persyaratan mutlak agar kualitas MTQ Kukar mampu menjawab tantangan kualitas MTQ di level yang lebih tinggi (seperti: MTQ tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional).

“Standar kualitas dimaksud adalah kualitas sumberdaya manusia yang dihasilkan melalui MTQ, yaitu para Qari’-Qari’ah, Hafizh-Hafizhah, Mufassir-Mufassirah, serta para peserta cabang lomba MTQ lainnya,” ujarnya.

Ditambahkan Edi, Al Quran adalah Mukjizat terbesar yang Allah SWT turunkan bagi umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW. Al Quran menjadi rujukan utama dalam melaksanakan syariat Islam, di samping hadis-hadis Nabi sebagai pendampingnya.

Isi Al Quran mengandung banyak hal, antara lain: hukum-hukum privat dan publik, ilmu pengetahuan alam dan sosial, kisah-kisah keteladanan mengenai kehidupan umat manusia terdahulu, serta gambaran mengenai kehidupan umat manusia di masa yang akan datang.

“Saya berpesan semua peserta MTQ dari 11 desa yang ada di kecamatan Marang Kayu untuk berjiwa sportif dan kompetitif, serta berkomitmen untuk selalu berusaha menampilkan kualitas terbaik dalam ajang kompetisi MTQ. Sukseskan MTQ Ke 1 tingkat kecamatan Marangkayu ini sebagai bagian dari syiar Islam,” ujarnya.

Sebelum acara pembukaan, Bupati bersama masyarakat Kecamatan Marang Kayu, menyaksikan berbagai atraksi Pawai Ta'aruf dari 11 desa, dalam rangka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-1 tingkat kecamatan Marang Kayu di Desa Semangko, Sabtu (3/8/2019) sore.

Satu demi satu peserta pawai dari 11 kafilah pun mulai melintasi panggung kehormatan dan memberikan penghormatan. Terlihat suasana semakin meriah, ketika masing-masing peserta kafilah diberikan kesempatan untuk menampilkan atraksinya atau sekedar penghormatan dengan yel-yel yang sudah disiapkan masing-masing peserta.

Salah satu peserta pawai yakni grup Gendang Beleq alat musik tradisonal khas Nusa Tenggara Barat (NTB), yang dimainkan oleh peserta kafilah dari desa Sambera Baru dengan suara khasnya menggelegar, mampu menarik perhatian semua pengunjung.

Melihat atraksi tersebut, Bupati Edi Damansyah yang duduk dipanggung kehormatan, bangkit dari duduknya, lalu menuju ketengah peserta pawai

yang sedang memainkan alat musik tradisional gendang beleq. Dia pun mencoba memainkan dan memukul gendang beleq seirama dan diiringi dengan tarian khas lombok, membuat suasana semakin meriah.

Pengunjung pun turut bersorak gembira menyaksikan atraksi gendang beleq yang dimainkan oleh Bupati Kukar bersama Asisten II Setkab Kukar H Sukhrawardy.

Setelah penampilan berbagai atraksi, masing-masing ketua rombongan menerima syal atau selendang pertanda pengingat silaturahmi yang dikalungkan langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah. (Medsi07)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved