Berita Pemkab Kutai Barat

Tenaga Kesehatan Ikut Pantau Calon Jamaah Haji hingga di Tanah Suci

Dua tenaga medis mendampingi ke Asrama Haji Embarkasih Balikpapan dan satu tenaga medis mendampingi hingga sampai ke Tanah Suci, Arab Saudi.

Tenaga Kesehatan Ikut Pantau Calon Jamaah Haji hingga di Tanah Suci
HUMASKAB KUBAR
Tenaga kesehatan di Embarkasi Haji Balikpapan memantau kondisi kesehatan calon jamaah haji dari Kutai Barat. Guna melayani maksimal para calon jamaah haji, dua tenaga medis akan mendampingi mereka ke Asrama Haji Embarkasih Balikpapan dan satu tenaga medis mendampingi hingga sampai ke Tanah Suci, Arab Saudi. 

SENDAWAR - Guna memberikan rasa nyaman bagi para calon jemaah haji (CJH) melaksanakan rukun Islam yang kelima, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kutai Barat (Kubar) terus memantau dan monitor kesehatan CJH asal Kubar.

PPIH Kubar menyertakan tiga tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kubar yang tergabung dalam Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD) untuk mendampingi para CHJ asa Kubar.

Dua tenaga medis mendampingi ke Asrama Haji Embarkasih Balikpapan dan satu tenaga medis mendampingi hingga sampai ke Tanah Suci, Arab Saudi.

TKHD Kubar Ekawanti yang dihubungi lewat WhatsApp menjelaskan PPIH terus berupaya meningkatkan layanan penyelenggaraan ibadah haji, seperti pada tahun ini. Ada beberapa langkah inovasi pada pelaksanaan ibadah haji 1440H/2019 yang bertujuan memberikan kenyamanan bagi tamu Allah.

Untuk itu CJH telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat semuanya sudah mendapatkan vaksinasi Meningitis Meningokokus.

Ia meminta jemaah haji harus menyiapkan kondisi diri dengan baik, obat-obatan pribadi harus dibawa, obat-obatan yang dibawa jangan ditaruh di koper tapi di tas tenteng.

"Jangan menahan kencing, banyak minum air putih, dan banyak istirahat kalau lelah," jelasnya.

Ekawanti menambahkan CJH tetap menjaga kesehatan terutama kategori resiko tinggi (riski), tetap hidup disispiln waktu dan atur pola makan, apalagi cuaca di Arab Saudi cukup ekstrem.

"Gunakan payung dan masker apabila keluar dari maktab. Kondisi CHJ asal Kubar saat ini cukup baik, keluhan yang dialami pusing, mual dan kecapean, tetapi masih bisa ditangani dengan baik"ucapnya.

Ketua Rombongan CHJ 2019 Dedi Lesmana menjelaskan kondisi kesehatan CJH untuk saat ini masih cukup baik.

Ia mengimbau jemaah CHJ untuk tetap menjaga kesehatan, apabila ada kendala segera melaporkan ke sektor atau petugas kesehatan, selama ini kesehatan CJH terpantau baik, tim medis sudah bekerja dan mengontrol kesehatan para jamaah. (hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved