Hati-hati Bersihkan Ruang Mesin Mobil, Salah Sedikit Bisa Fatal

pembersihan sebisa mungkin jangan menggunakan air. Cukup dilap saja atau menggunakan kemoceng dan sikat gigi (khusus bagian kecil)

Hati-hati Bersihkan Ruang Mesin Mobil, Salah Sedikit Bisa Fatal
(Wikipedia)
Mencuci mesin mobil tidak bisa sembarangan. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Jika kurang paham soal mesin, jangan mecoba-coba utak-atik mesin, utamanya mesin mobil.

Sebaiknya dibawa ke bengkel atau ke tempat pencucian mobil jika hendak mencuci mobil.

Jika sangat terpaksa untuk dibersihkan, sebaiknya tidak menggunakan air, cukup dilap saja.

Membersihkan ruang mesin butuh keahlian khusus. Sebab jika salah langkah akibatnya bakal fatal, mobil bisa terbakar karena terjadi korsleting listrik.

Oleh sebab itu, untuk pemilik kendaraan sebaiknya jangan membersihkan bagian ruang mesin sendiri. Tetapi bila bagian tersebut sudah sangat kotor dan perlu dibersihkan segera, ada beberapa hal yang patut diperhatikan.

Dilansir dari Kompas.com, Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi menyatakan bahwa pembersihan sebisa mungkin jangan menggunakan air. Cukup dilap saja atau menggunakan kemoceng dan sikat gigi (khusus bagian kecil).

"Jika sulit, gunakan cairan pembersih khusus. Namun jangan paksakan untuk masuk ke bagian-bagian yang sekiranya sulit diraih," kata Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.(Wikipedia) Lalu, pastikan bagian-bagian elektrikal seperi ECU, alternator, aki, dan soket-soket kelistrikan lainnya tertutup rapat sebelum, selama, dan setelah dilakukan pembersihan.

Supaya, debu dan cairan tidak masuk dan mengganggu kinerja elektrikal mobil. Jika harus membersihkan kolong mesin, pastikan bagian elektrikal tadi sudah dalam kondisi tertutup rapat.

Gunakan air bertekanan rendah dalam waktu yang sebentar (kurang dari dua menit). "Jika terlalu lama, dikhawatirkan akan membuat beberapa komponen rusak atau meninggalkan jamur," ujar Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi.

Mencuci mesin mobil tidak bisa sembarangan.
Mencuci mesin mobil tidak bisa sembarangan. ((Wikipedia))
Halaman
12
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved