Jangan Melabeni Si Kecil Saat Kurang Fokus, Butuh 20 Menit Untuk Fokus

Hati-hati mengucapkan kata "bodoh" atau "malas" kepada Si kecil. Karena kata tersebut malah akan berpengaruh buruk terhadap mental Si kecil.

Jangan Melabeni Si Kecil Saat Kurang Fokus, Butuh 20 Menit Untuk Fokus
iStock-Getty Images
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO-Hati-hati mengucapkan kata "bodoh" atau "malas" kepada Si kecil. Karena kata tersebut malah akan  berpengaruh buruk terhadap mental Si kecil. 

Bahkan dengan label "bodoh" atau "malas", malah Si kecil merasa bila dirinya memang bodoh atau malas. Solusinya adalah, bagaimana seorang ibu juga harus memperhatikan pola asuh yang telah diberikan kepada Si kecil. 

Pakar perkembangan anak mengatakan bahwa, rata-rata, anak berusia 4 atau 5 tahun harus dapat tetap fokus pada tugas selama dua hingga lima menit  dari usia mereka.

Jadi, anak-anak kecil harus dapat fokus antara 4 dan 20 menit, mungkin lebih, tergantung pada tugasnya.

Tetapi aturan praktis ini, sama seperti pedoman untuk membesarkan anak-anak, tergantung pada situasinya.

"Rentang perhatian harus dikontekstualisasikan," kata Neal Rojas, M.D., seorang dokter anak perilaku perkembangan di University of California, San Francisco, seperti yang dilansir Tribunmanado.co.id.

"Apakah  menyuruh Si Kecil tentang suatu hal di pagi hari, tengah hari, sebelum tidur siang, sebelum tidur? Saya memberi tahu [orang tua] bahwa mereka akan melihat variasi sepanjang hari."

Seberapa banyak perhatian yang diberikan seorang anak terhadap sebuah tugas juga tergantung pada apakah ia menikmati dirinya sendiri.

Banyak anak yang kesulitan ketika diminta untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin mereka lakukan.

Ketika pertama kali Moms memperkenalkan sebuah kegiatan yang lebih penting bagi ibu daripada anak, di sini kreativitas dan fleksibelitas  ibu sebagai orang tua dan guru diuji, kata dokter Rojas.

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved