APBD 2020 Diprediksi Turun, Pemprov Kaltara Terapkan Strategi Padat Karya Bangun Infrastruktur

"Iya, tahun depan agak turun. Kalau penerimaan kita turun, APBD kita tentu turun. Tetapi PAD kita InsyaAllah naik," sebut Gubernur Irianto Lambrie

APBD 2020 Diprediksi Turun, Pemprov Kaltara Terapkan Strategi Padat Karya Bangun Infrastruktur
Tribunkaltim.co,M Arfan
Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie memberi sambutan di Kantor DPRD Kalimantan Utara beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kapasitas fiskal, APBD Kalimantan Utara tahun 2020 nanti diprediksi akan turun. Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengemukakan, prediksi penurunan tersebut bisa jadi proyeksi pendapatan dari dana perimbangan yang juga akan turun.

Penurunan juga dipicu dari pembatalan pinjaman dana dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) kurang lebih Rp 340 miliar.

"Iya, tahun depan agak turun. Kalau penerimaan kita turun, APBD kita tentu turun. Tetapi PAD kita InsyaAllah naik," sebut Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Kamis (8/8/2019).

Pembatalan pinjaman dana ke PT SMI, menjadikan APBD Kalimantan Utara diprediksi hanya mencapai Rp 2,3 triliun.

"Karena Rp 2,5 triliun yang kita prediksikan, itu sudah termasuk pinjaman ke SMI," sebut Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Dengan kapasitas APBD yang kecil, masyarakat tidak perlu khawatir. Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengungkapkan, sejak awal berdirinya Kalimantan Utara kapasitas APBD memang belum cukup besar, namun tetap bisa memberi kontribusi pembangunan yang signifikan.

"InsyaAllah, dengan biaya (APBD) segitu kita masih bisa beri insentif pegawai, kesehatan gratis, dan membiayai urusan pendidikan," ujar Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Tahun depan, Pemprov bakal tetap berusaha menambah anggaran pendidikan dan kesehatan.

"Layanan kesehatan kita usahakan dapat diperluas. Pendidikan juga begitu, salah satunya menambah anggaran bantuan stimulan beasiswa," ujar Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Tahun depan pula, strategi pembangunan infrastruktur jalan utamanya, lebih pada skema padat karya. Banyak gang dan jalan kecil yang belum tersentuh Pemkab/Pemkot.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved