Pendidikan

Balikpapan Mustahil Buat Sekolah Negeri Baru, Dinas Pendidikan Sodor 2 Alternatif Untuk Tahun 2020

Dinas Pendidikan pun juga akan memaksimalkan operasional SMP sekolah terpadu yang kini berada di daerah Balikpapan Utara, Kalimantan Timur.

Balikpapan Mustahil Buat Sekolah Negeri Baru, Dinas Pendidikan Sodor 2 Alternatif Untuk Tahun 2020
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
TES URINE - Calon siswa mengisi daftar pengambilan surat keterangan bersih dari narkoba usai tes urine di Kantor BNN Kota Balikpapan, Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dunia pendidikan di kota minyak, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur selalu saja setiap tahun memunculkan persoalan.

Satu di antaranya problematika daya tampung sekolah negeri, setiap akan masuk ke tahun ajaran baru, rekrutmen sekolah negeri selalu saja muncul persoalan. Seperti halnya Sekolah Menengah Pertama atau SMP Negeri di Kota Balikpapan.

Belum lagi saat akan mau masuk ke sekolah negeri SMP, bukan hal yang mudah, diawali dengan melalui proses pendaftaran yang rumit, berbelit, harus antre mengular panjang.

Sekitar satu bulan yang lalu Tribunkaltim.co merekam kejadian para calon siswa SMP negeri yang harus berjibaku, bersusah payah keluarkan daya tinggi demi bisa masuk ke SMP negeri.

Salah satunya PPDB Online di SMP Negeri 3 Balikpapan, Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (30/6/2019).

Contohnya, para orangtua berduyun-duyun mendatangi SMP Negeri 3 Balikpapan bahkan sejak pagi tadi demi bisa mendapat kesempatan untuk PPDB Online.

Mereka para orangtua dan calon siswa tentunya harus memeras keringat banyak. Aktivitas di sekolah tersebut padat orangtua murid yang sibuk mendaftar, maupun para petugas yang sibuk melayani para pendaftar.

Berdasarkan pantauan Tribunkaltim.co, di lokasi tampak seluruh tempat mulai tempat informasi PPDB Online hingga di tempat pendaftaran dipenuhi para orangtua murid untuk PPDB Online.

"Ramainya mulai pagi tadi mas, ratusan orang yang datang sehak pagi tadi," ujar salah seorang petugas di SMPN 3 tersebut.

Melihat gejala tahunan yang dianggap pahit tersebut, DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pun angkat bicara. Memberikan aspirasi ke pihak eksekutif, Pemkot Balikpapan.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved