Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Ingatkan Petinggi Jangan Gunakan Dana Kampung untuk Kegiatan Bukan Prioritas Masyarakat

Petinggi wajib memberi prioritas pada kegiatan yang langsung menyentuh kehidupan masyarakat.

Bupati Ingatkan Petinggi Jangan Gunakan Dana Kampung untuk Kegiatan Bukan Prioritas Masyarakat
HUMASKAB MAHULU
Bupati usai membuka kegiatan Pencanangan BBGRM ke-16 dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-47 Tingkat Kabupaten Mahulu, di Kampung Matalibaq, Rabu (31/7/2019). 

UJOH BILANG - Petinggi wajib memberi prioritas pada kegiatan yang langsung menyentuh kehidupan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH saat memberikan arahan kepada para Petinggi Kampung di wilayah Mahulu terkait penggunaan Anggaran Dana Kampung dan Alokasi Dana Kampung.

"Jangan menggunakan alokasi dana kampung untuk pembangunan sarana dan prasarana yang tidak terlalu prioritas atau tidak perlu bagi masyarakat Kampung," kata Bupati saat membuka kegiatan Pencanangan BBGRM ke- 16 dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-47 Tingkat Kabupaten Mahulu, di Kampung Matalibaq, Rabu (31/7/2019).

Selanjutnya tambah Bupati, prioritaskan pembangun¬an wajib ditentukan melalui mekanisme musyawarah perencanaan kampung, melibatkan masyarakat yang peduli dengan pembangunan kampung.

Bagi Badan Permusyawarah Kampung (BPK) harus melakukan pengawasan yang bersifat konsultatif dan dialogis melalui rapat koordinasi yang terjadwal sepanjang tahun dengan ja¬jaran Pemerintah Kampung. Petinggi dan BPK harus ber¬fungsi sebagai tim kerja ter¬padu. Bukan sebagai rival atau lawan yang saling ber¬saing," terangnya.

Bupati juga menjelaskan, perencanaan yang sudah disepakati wajib dituangkan dalam RPJM Kampung dan diuraikan ke RKP Kampung setiap tahun anggaran.

"Selain BPK, Petinggi juga harus menggalakkan peran serta PKK, Karang Taruna, Lembaga Adat, serta kelom¬pok-kelompok pelaku eko¬nomi produktif yang ada di setiap kampung," tandasnya.

Terakhir yang terpenting pengelolaan Dana Kampung dan Alokasi dana Kampung harus dilakukan sesuai tata tertib administrasi dan me¬menuhi prinsip tata usaha anggaran serta akuntansi pe¬laporan kegiatannya. (hms8)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved