Berita Pemkab Mahakam Ulu

Evaluasi Penyerapan APBD, Bupati: Pertanyaan Krusial Hendaknya Bisa Dikoordinasikan Sekda

Itu kata Bupati Mahulu saat membuka rapat pimpinan Evaluasi Penyerapan APBD Tahun Anggaran 2019 di Bappelitbangda, Jumat (2/8/2019).

Evaluasi Penyerapan APBD, Bupati: Pertanyaan Krusial Hendaknya Bisa Dikoordinasikan Sekda
HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH 

UJOH BILANG - Semua pertanyaan krusial harus diselesaikan sesegera mungkin. Untuk itu Sekretaris Daerah (Sekda) melakukan koordinasi dengan Pimpinan DPRD.

Kesalahan sekecil apapun dalam menafsirkan anomali, bisa menimbulkan implikasi yang sangat serius bagi semua di belakang hari.

Hal ini disampaikan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh SH dalam pembuka acara rapat pimpinan Evaluasi Penyerapan APBD Tahun Anggaran 2019 di Rapat Bappelitbangda, Jumat (2/8/2019).

"Saya menguraikan hal penting yang seyogyanya sudah harus kita budayakan dalam mekanisme perencanaan dan pengendalian anggaran yang pertama pemerintah melalui Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri telah menetapkan perkiraan atau bayangan persentasi daya serapan anggaran untuk triwulan," ujar Bupati.

Semua pemerintah daerah harus melakukan evaluasi daya serap ang¬garan setiap semester tanpa harus terlalu kaku dengan prosentase yang diamankan oleh perintah.

Bupati menyampaikan RKPD setiap tahun ang¬gran harus dituangkan ke dalam Peraturan Bupa¬ti pada 30 April lalu dan untuk APBD murni tahun anggaran 2020 dengan di¬sahkannya MoU PPAS ta¬hun anggaran 2020 pada pertengahan Agustus 2019 sejumlah dokumen untuk melengkapi prakar¬sa, harus berani melaku¬kan terobosan kreatif.

"Kita harus berani me¬nyalurkan uang persedi¬an atau UP pada minggu kedua Januari dengan besaran bergantung pada kebutuhan OPD dan dana tersebut harus dipertang¬gungjawabkan 30 hari berikutnya sebagai per¬syaratan mutlak untuk pencairan TUP/GUP,"tegasnya

Bupati berharap, semakin intensif menggunakan modus penyaluran ang¬garan secara LS sesuai dengan ketentuan tentang prinsip pembayaran secara non tunai dan kalau UP seluruh OPD digunakan sesuai kebutuhan permin¬taan dan dapat di pertang¬gungjawabkan 30 hari ke¬mudian serta matriks ten¬tang rencana kerja sesuai durasi waktu.

Rapat dihadiri seluruh unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan akan terus melakukan evaluasi dan penilaian dalam pelaksana¬an kegiatan baik pada ting¬kat keberhasilan maupun yang akan menjadi kendala-kendala permasalahan yang akan dihadapi.

"Saya sampaikan pengen¬dalian dan evaluasi daya se¬rap semester I tahun anggar¬an 2019 ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam me¬lakukan percepatan daya se¬rap semester II" tegas Bupati.

Dalam rangka akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, Bupati mengharapkan Sekretaris Daerah memper-siapkan naskah Ranperbup.

"Saya mengharapkan bah¬wa Sekda menyiapkan nas¬kah Ranperbup tentang tata perencanaan, penganggaran, penatausahaan anggaran dan pelaporan akuntasi kegi¬atan yang akan kita gunakan dalam pengelolaan keuangan daerah. Renperbup tersebut sedapat mungkin sudah da¬pat saya tandatangani akhir September mendatang," harap Bupati.(HMS7)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved