Kumpulkan Dana di Pinggir Jalan, Relawan PMI Berau Salurkan Rp 60 Juta untuk Operasi 2 Bayi

Juga bantuan untuk Morheno Jefo (8 bulan) yang mengalami kelainan hati dan harus segera ditransplantasi untuk menyelamatkan nyawanya.

Kumpulkan Dana di Pinggir Jalan, Relawan PMI Berau Salurkan Rp 60 Juta untuk Operasi 2 Bayi
TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN
PMI menyalurkan bantuan masyarakat Berau melalui Baznas guna membantu dua orang bayi yang memerlukan biaya untuk operasi kelainan jantung dan hati. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau menyalurkan bantuan dari masyarakat untuk membantu biaya pengobatan Muhammad Lutfi (4 bulan) yang lahir tanpa telinga dan mengalami kebocoran jantung.

Juga bantuan untuk Morheno Jefo (8 bulan) yang mengalami kelainan hati dan harus segera ditransplantasi untuk menyelamatkan nyawanya.

Bantuan yang dikumpulkan oleh para relawan PMI dari masyarakat tersebut disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau, Jumat (9/8/2019).

Penggalangan dana ini merupakan kerja sama antara PMI dengan Baznas Kabupaten Berau, Komunitas Bikers Baik, Palang Merah Remaja dan Mahasiswa Stiper Berau.

Penggalangan dana telah dilakukan sejak 3 Agustus 2019 lalu, dengan mengumpulkan donasi di jalan dan tempat keramaian, termasuk di sekolah-sekolah dan perkantoran.

Bantuan masyarakat juga mengalir melalui melalui rekening PMI Kabupaten Berau. Hingga saat ini, total dana yang terkumpul sebesar Rp 60.065.100.

"Hasil donasi masyarakat tersebut akan disalurkan kepada Lutfi dan Reno dibagi rata melalui Baznas Kabupaten Berau," kata Ketua PMI Berau, Agus Tantomo.

Agus mengatakan, PMI melakukan penggalangan dana karena terdorong rasa kemanusiaan bersama Baznas.

"Karena tugas-tugas PMI juga hampir sama dengan Baznas dan rekan-rekan komunitas, yaitu untuk kemanusiaan. Saya ingin kerja sama ini berkelanjutan untuk masa yang akan datang, bukan hanya terkait penggalangan dana, tapi juga kegiatan yang lain," uajrnya.

Agus Tantomo juga memberikan apresiasi terhadap tingginya rasa solidaritas masyarakat Berau terhadap sesama.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Khususnya kepada warga masyarakat Berau, baik pengguna jalan warga yang membantu melalui rekening PMI. Juga kepada para relawan yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya, bersedekah dengan tenaga dan beramal kepada saudara kita yang membutuhkan," tandasnya.

Radjudin Abdurahman, Ketua Baznas Kabupaten Berau mengatakan, kerja sama seperti yang dilakukan bersama PMI ini, menurutnya telah terbukti efektif, untuk membantu warga yang sedang dalam kondisi emergency dan tidak memiliki biaya.

"Kedepannya kerja sama ini akan dibuat berkelanjutan. Khususnya membantu warga masyarakat yang memerlukan uluran tangan," ujarnya. (*)

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved