Status Gunung Slamet Naik Waspada, Begini Upaya Evakuasi 80 Pendaki yang Sempat Mendaki

Status Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah dilaporkan mengalami peningkatan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada).

Status Gunung Slamet Naik Waspada, Begini Upaya Evakuasi 80 Pendaki yang Sempat Mendaki
instagram/wisatakphbanyumastimur
Pendaki berada di puncak Gunung Slamet pada Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO - Status Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah dilaporkan mengalami peningkatan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani.

"Pada hari ini tanggal 9 Agustus 2019 pukul 09.00 WIB, Gunung Slamet ditingkatkan statusnya dari normal atau level I menjadi waspada atau level II," kata Kasbani, saat konferensi pers di Kantor PVMBG Jalan Diponergoro, Kota Bandung, Jumat (9/8/2019), dikutip TribunTravel dari laman Kompas.com.

Kasbani menjelaskan, alasan menaikkan status Gunung Slamet menjadi waspada dikarenakan terjadi aktivitas vulkanik cukup tinggi sejak bulan Juli 2019 hingga saat ini.

Selama Juni hingga 8 Agustus 2019 tercatat 51.511 kali gempa hembusan, 5 kali gempa tektonik lokal dan 17 kali gempa tektonik jauh, dikutip TribunTravel dari Tribunnews.com.

Naiknya status Gunung Slamet menjadi waspada, PVMBG menghimbau kepada warga ataupun wisatawan untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah puncak Gunung Slamet.

Kasbani, mengungkapkan ada potensi muntahan lava pijar dan material yang mendadak dan tidak ada tanda-tanda signifikan sebelumnya.

"Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana," tutur Kasbani.

Menindaklanjuti status Gunung Slamet dari normal menjadi waspada, puluhan pendaki Gunung Slamet yang terlanjur naik pun dievakuasi.

Manajer Bisnis Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyumas Timur Sugito mengatakan, pihaknya telah mengirimkan tim untuk melakukan evakuasi, dikutip TribunTravel dari Kompas.com.

Halaman
1234
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved