Kesadaran Masyarakat Paser Berkurban Semakin Meningkat, di Masjid Syuhada Dipotong 31 Ekor Sapi

Animo masyarakat Kabupaten Paser melaksanakan ibadah kurban kian tahun semakin meningkat.

Kesadaran Masyarakat Paser Berkurban Semakin Meningkat,  di Masjid Syuhada  Dipotong 31 Ekor Sapi
TribunKaltim.Co/Sarassani
Pelaksanaan ibadah kurban di Masjid Syuhada Tanah Grogot, Minggu (11/8/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Animo masyarakat Kabupaten Paser melaksanakan ibadah kurban kian tahun semakin meningkat.

Panitia penyelenggara kurban Masjid Syuhada Tanah Grogot saja tahun ini memotong 31 ekor sapi, meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 27 ekor sapi.

Peningkatan ini menurut Sekretaris Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Paser Syarif Hidayatullah, Minggu (11/8/2019), juga menjadi cermin semakin meningkatnya keimanan dan ketaqwaan masyarakat Paser, dalam melaksanakan perintah agama.

“Tahun ini panitia penyelenggara kurban Masjid Syuhada Tanah Grogot menerima 31 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari masyarakat Paser. Tahun lalu 27 ekor sapi, berarti hasrat dan keinginan masyarakat melaksanakan perintah agama semakin meningkat,” kata Syarif.

Satu ekor sapi diantaranya dipotong di PD Cabang Muhammadiyah Long Kali. Sedangkan untuk beberapa desa di wilayah Kecamatan Pasir Belengkong dan Kecamatan Long Ikis, dikirim dalam bentuk daging kurban siap bagi.

“Yang di Long Kali, kita kirim satu ekor sapi agar perayaan Idul Adha disana lebih semarak lagi, sedangkan di SP 1, SP 2 dan di Long Ikis kita kirim daging kurbannya saja, jadi sampai di sana tinggal dibagikan teman-teman,” ucapnya.

Korem 091/ASN Sembelih 9 Hewan Kurban, Danrem : Bentuk Sikap Rela Berkorban Demi Kepentingan Bangsa

Rutin Tiap Tahun, Hotel-hotel di Balikpapan Ini Turut Berikan Hewan Kurban

Rutin Tiap Tahun, Hotel-hotel di Balikpapan Ini Turut Berikan Hewan Kurban

Sama seperti tahun lalu, lanjut Syarif, pelaksanaan ibadah kurban tahun ini juga sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Dengan terus berinovasi membangun kebersamaan pada jamaah, Masjid Syuhada berhasil menggugah animo masyarakat dan jamaah untuk melaksanakan ibadah kurban.

“Kita gunakan sistem iuran bagi yang ingin berkurban, 1 ekor sapi kan untuk 7 orang, jadi per orang kena Rp 2,5 juta. Komunikasi seperti itu hanya lewat Grup WA saja, hingga akhirnya 31 ekor sapi dan 3 ekor kambing,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Paser H Abdul Latif Thaha mengapresiasi kesadaran masyarakat Kabupaten Paser dalam berkurban.

“Banyak warga yang berkurban di masjid-masjid, salah satunya di Masjid Syuhada Tanah Grogot, yang jumlahnya kian meningkat tiap tahunnya,” kata Latif Thaha.

Dalam perayaan Idul Adha, tambah Latif Thaha, tidak hanya mengajarkan untuk berbagi kepada orang yang tidak mampu, tapi juga membangun kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi serta teamwork yang solit dalam bingkai gotong royong warga sebagai panitia penyelenggara kurban.

Serahkan Hewan Kurban, Gubernur Ajak Masyarakat Teladani Nabi Ibrahim

Intip Anak-anak Kecil Ini Ikutan Potong Daging Kurban, Sempat Jijik Tapi Akhirnya Suka

“Untuk pengurus Masjid Syuhada sendiri sudah melakukan inovasi, salah satunya buka puasa bersama setiap hari Senin dan Kamis.

Jadi tidak hanya buka puasa di bulan Ramadhan, puasa sunat Senin dan Kamis, bahkan puasa arafah hari Sabtu kemarin juga digelar untuk meningkatkan kebersamaan antara pengurus masjid dan jamaah,” tambahnya. (*)

Penulis: Sarassani
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved