Larangan Pakai Kantong Plastik, Sejumlah Masjid di Balikpapan Pakai Untuk Daging Kurban

Beberapa masjid yang mengadakan pemotongan hewan kurban menggunakan kantong plastik untuk mewadahi daging yang sudah dipotong.

Larangan Pakai Kantong Plastik, Sejumlah Masjid di Balikpapan Pakai Untuk Daging Kurban
TribunKaltim.CO/Jino Prayudi Kartono
Suasana pemotongan hewan kurban di masjid As-Salam Perumahan Kutai Hills Wika, Minggu (11/8/2019) sore. Terlihat beberapa kantong plastik masih digunakan untuk mewadahi daging kurban. Sebelumnya walikota Balikpapan Rizal Effendi mengajak panitia kurban menggunakan wadah non plastik dan ramah lingkungan. 

TRIBUN KALTIM.CO, BALIKPAPAN - Imbauan Walikota Balikpapan Rizal Effendi tentang pengurangan sampah plastik saat membagikan daging kurban, Minggu (11/8/2019) tidak berdampak cukup signifikan.

Beberapa masjid yang mengadakan pemotongan hewan kurban menggunakan kantong plastik untuk mewadahi daging yang sudah dipotong.

Salah satunya di masjid As-Salam yang berada di perumahan Kutai Hills Wika kelurahan Gn. Samarinda, Balikpapan Utara ini.

Dari pengamatan Tribun Kaltim.co, sekitar belasan hingga puluhan kantong plastik telah terisi daging sapi maupun kambing.

Namun dari penuturan Djaini panitia pelaksana kurban mengatakan penggunaan kantong plastik berkurang dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab pembagian daging kurban tahun ini menggunakan ember plastik khusus makanan.

Viral 2 Balita Ditelantarkan di Pinggir Jalan Bersama Bungkusan Plastik, Satu Menangis Panggil Mama

DLH Larang Pemakaian Kantong Plastik di Tempat Wisata, Sebulan Bisa Kurangi 56 Ton Sampah Plastik

Manfaatkan Botol dan Kantong Plastik, Pelajar SMP Ini Desain Gaun Pesta Bernilai Ekonomis

"Baru tahun ini kita padukan ember plastik dengan kresek. Tujuannya selain mengurangi sampah plastik, ember ini bisa digunakan kembali," kata Djaini.

Untuk ember sendiri digunakan bagi penerima kurban yang berada di luar lingkungan perumahan tersebut. Sementara warga sekitar membawa kantong plastik dari tas kresek.

Kemungkinan tahun depan panitia bakal lebih mengurangi kantong plastik untuk memberikan daging kurban. Sekitar 34 ekor sapi masuk dalam daftar hewan kurban di area masjid ini.

Larangan Penggunaan Kantong Plastik, Warga Balikpapan Menyebut Larangan Tak Masuk Akal

Kongres V PDIP di Bali Tanpa Plastik, Tunjukkan Kemegahan Budaya Indonesia

"Sapi 34 ekor, 17 ekor lainnya dipotong di beberapa pesantren yang sudah mengirimkan proposal ke kami. Nantinya daging akan dibagikan ke beberapa pesantren dan panti asuhan yang ada di Balikpapan," kata Djaini.

Penggunaan kantong plastik juga terlihat di masjid Al-Mutmainnah perumahan Balikpapan Regency Jl. Kintamani III. Terlihat warga sedang memotong daging di area depan masjid.

Beralaskan terpal berwarna biru, berjejer kantong plastik yang berisikan daging sapi hasil kurban Minggu pagi. Sekitar 13 ekor sapi dan satu ekor kambing yang dikurbankan pada Idul Adha tahun ini. (*)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved