Wawancara Eksklusif

Pandangan Ganjar Pranowo Terkait 26 Tahun Ketua Umum PDIP, Sebut Megawati Sosok Strong

PESERTA Kongres Ke-5 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memilih kembali, secara aklamasi, Megawati Soekarnoputri menjadi pimpinan tertinggi

Pandangan Ganjar Pranowo Terkait 26 Tahun Ketua Umum PDIP, Sebut Megawati Sosok Strong
Kompascom/Nazar Nurdin
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersalaman dengan fungsionaris PDIP Jawa Tengah, Jumat (11/8/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO - PESERTA Kongres Ke-5 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memilih kembali, secara aklamasi, Megawati Soekarnoputri menjadi pimpinan tertinggi partai.

Megawati telah menjabat sebagai ketua umum, selama 26 tahun, tepatnya sejak tahun 1993 partainya masih bernama PDI.

MENGAPA Megawati begitu lama bertahan di pucuk pimpinan PDIP?

Berikut ini pandangan politisi senior PDIP, mantan anggota DPR RI dan kini menjabat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam wawancara eksklusif dengan wartawan Tribun Network (Rahmat Hidayat dan Fransiskus Adhiyuda Prasetia), di sela Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Jumat (9/8) lalu.

Kita mau tahu secara utuh, seperti apa sososk Megawati yang Ganjar kenal, dari dulu sampai sekarang?
Konsisten... Konsisten. Mbak Mega yang saya kenal konsisten, dan ada bahasa yang disampaikan di pidato. Ada kesabaran revolusi. Saya melihat Mbak Mega itu sosok yang konsisten dan betul. Perubahan akan terjadi kalau dilakukan terus menerus.

Waktu saya sekolah dulu, guru besar saya bilang batu itu keras, satu tetes air tidak ada artinya tapi ketika tetesan air secara terus menerus dibatu tersebut, batu itu bisa bolong.

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kanan) berbicara disaksikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) dalam acara Bu Mega Bercerita di Kantor DPP PDI Perjuangan
Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kanan) berbicara disaksikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) dalam acara Bu Mega Bercerita di Kantor DPP PDI Perjuangan (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Ada kesabaran revolusi yang ditunjukan Mba Mega dan selau konsisten dan konstitusional itu keluar dalam pidatonya. Saya membayangkan Mba Mega tahun 1996. Saat saya tahu beliau pertama kali.

Apakah tidak ada lagi tokoh yang mampu dan lebih hebat dari Megawati memimpin PDIP?
Kalau kita bicara ketokohan dalam parpol, Mba Mega teruji kok. Banyangin dua pemilu menang terus. Kalau dijumlah pidatonya Pak Jokowi jumlah 99 kan. 3 kali loh kita menang.

Ya, ada banyak orang yang bilang, coba ganti dong dengan yang muda. Kita diujungnya nanti bicara soal kontestasi. Mempertahankan ideologi. Siapa yang bisa konsisten seperti itu, ujung penilaian pemilu adalah menang kalah. Konsistensi dalam sikap adalah ideologi.

Siapa anak muda atau yang digadang-gadang seperi itu, belum ada yang seperti itu. Kok kita mau coba-coba. Kaya iklan-iklan ngapain coba-coba. Itu di partai ya.

Halaman
123
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved