Bersihkan Karburator Motor Yang Sering Grebet, Bisa Gunakan Pelumas Khusus

Bagi pemilik sepeda motor banyak yang lebih memilih untuk melakukan perawatan atau perbaikan sendiri, dari pada harus di bawah ke bengkel.

Bersihkan Karburator Motor Yang Sering Grebet, Bisa Gunakan Pelumas Khusus
TribunKaltim.Co/HO
Membersihkan karburator sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA -Bagi pemilik sepeda motor banyak yang lebih memilih untuk melakukan perawatan atau perbaikan sendiri, dari pada harus di bawah ke bengkel. Selain butuh biaya, juga butuh waktu apalagi kalau kerusakan hanya hal sepele.

Seperti karburator. Biasanya sering muncul suara kasar dan brebet pada karburator bila kurang perawatan. Padahal bila itu terjadi, maka bisa dipastikan  karburator kotor.

Belum Lama Diluncurkan, Oktober 2019 Ini Bakal Ada Motor Matik Honda ADV 150 Berdaya 300 Cc

Suara kasar atau bunyi brebet biasanya disebabkan karburator yang tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, motor jadi kurang bertenaga dan jika dibiarkan bisa memicu motor mogok.

Kalau kita ingin mengerjakan sendiri, kita cukup hanya menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor.

MotoGP Britania 2019, Tatap Seri Selanjutnya, Valentino Rossi Akui Perubahan Positif Motornya

Ini Daftar Harga Motor Honda Bebek dan Sport, Termahal Honda CRF250 Rally Rp 74.228.000

Pekan Ini, Astra Motor Balikpapan Ramaikan HUT ke-74 RI dengan Honda Genio Run

Dilansir Tribunnews.Com, Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia, saat ini sudah banyak dijual dipasaran pembersih karburator dan injektor yang harganya terjangkau dan mudah kita dapatkan salah satunya adalah Rexco 81.

Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali.

Cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak didalamnya.

"Kami tidak menyarankan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada didalamnya menjadi getas dan mudah untuk sobek," ujar Tomy.

Aryanto pemilik bengkel Zona Speed di Jatiwarna, Bekasi mengatakan, dirinya biasa menggunakan pelumas khusus pembersih karburator untuk mempermudah pekerjaan.

Kotoran dan kerak yang membandel nempel di karburator dan throtle body langsung luntur, tarikan motor jadi enak lagi. (*)

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved