Tragedi Tumpahan Minyak di Balikpapan

BREAKING NEWS Hari Ini Sidang Lanjutan Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Sidang Tertutup

Kami rombongan dari dinas di Penajam Paser Utara sebagai tergugat juga gak boleh masuk. Hanya satu saja yang boleh masuk mewakili kita

BREAKING NEWS Hari Ini Sidang Lanjutan Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Sidang Tertutup
Dok Tribunkaltim.co
Peristiwa tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sidang gugatan warga negara (Citizen Lawsuit) atas kasus pencemaran akibat tumpahan minyak di Teluk Balikpapan kembali dilanjutkan pada Selasa (13/8/2019) dengan agenda mediasi lanjutan.

Pada sidang kali berbeda dengan sidang sebelumnya.

Kalau sebelumnya sidang dilakukan secara terbuka, sidang kali ini dilakukan secara tertutup di lantai dua Kantor Pengadilan Negeri atau PN Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Nampak yang diperbolehkan mengikuti sidang hanya yang memegang surat kuasa saja, baik dari penggugat maupun tergugat.

"Kami rombongan dari dinas di Penajam Paser Utara sebagai tergugat juga gak boleh masuk. Hanya satu saja yang boleh masuk mewakili kita," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Andi Dahrul saat ditemui diruang tunggu kantor PN Balikpapan, Selasa (13/8/2019).

Hingga berita ini diturunkan, sidang mediasi terkait tumpahan minyak di teluk Balikpapan masih terus berlangsung dengan sidang tertutup.

Sebagaimana diketahui, Koalisi Masyarakat Peduli Tumpahan Minyak Teluk Balikpapan (Kompak) menggugat Pemprov Kaltim, Pemkot Balikpapan, Pemkab PPU, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Perwakilan BPBD PPU sedang menunggu sidang lanjutan tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, di ruang tunggu kantor PN Balikpapan pada Selasa (13/8/2019).
Perwakilan BPBD PPU sedang menunggu sidang lanjutan tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, di ruang tunggu kantor PN Balikpapan pada Selasa (13/8/2019). (TribunKaltim.Co/Aris Joni)

Sebelumnya, belum lama ini. Majelis Hakim memutuskan sidang gugatan hak warga negara citizen lawsuit terkait petaka tumpahan minyak teluk Balikpapan ditunda hingga 30 Juli 2019 mendatang

Penundaan tersebut, selain karena tergugat I yakni Gubernur Kaltim tidak hadir dan berkas kuasa tergugat V yaitu dari Menteri Perhubungan RI dianggap tidak lengkap dan tidak memenuhi syarat.

Sidang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Balikpapan pada, Selasa, (9/7/2019) sekitar pukul 12.00 wita.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved