Pilkada Samarinda

Ingin Maju Jalur Independen di Pilkada Samarinda, Sarwono Bertekat Buat Sejarah Baru

Mantan anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Samarinda H. Sarwono memberanikan diri maju calon walikota

Ingin Maju Jalur Independen di Pilkada Samarinda, Sarwono Bertekat Buat Sejarah Baru
TribunKaltim.Co/Cahyo Wicaksono Putro
Salah satu Bakal Calon Walikota Samarinda pada Pilwali tahun 2020, Sarwono yang ditemui Tribunkaltim.ci di salah satu tempat makan D'Penyet dan D'Cendol, di Jl. Abdul Wahab Syahranie, Samarinda mengungkapkan niatnya maju di Pilwali 2020, dengan fokus mengurangi permasalahan banjir di Kota Samarinda. Selasa (13/8/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO SAMARINDA - Mantan anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Samarinda H. Sarwono memberanikan diri maju untuk mencalonkan sebagi Walikota Samarinda di Pilwali 2020 mendatang.

Bakal calon Walikota Samarinda di Pilwali 2020 mendatang, Sarwono mengatakan, walikota adalah decision maker-nya Kota Samarinda.

“Alasan awal saya memutuskan maju di Pilwali, karena walikota memiliki wewenang untuk memutuskan kebijakan peraturan dan kemudian mengambil tindakan. Dan saya memutuskan untuk maju dengan menggunakan jalur independen,” kata Sarwono, Selasa (13/8/2019) kepada awak media.

Salah satu mantan kader dari Fraksi PKS DPRD Kota Samarinda ini mengungkapkan, bahwa untuk menjadi walikota harus memiliki sikap tegas guna membangun perkembangan Kota Samarinda.

Ia mencontohkan, dalam hal mengelola keuangan, dan mengelola tata pemerintahan. Pengelolaan tersebut juga harus melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Hadapi Pilwali Balikpapan, Gerindra Utamakan Kader Partai

Optimis Maju Di Pilwali 2020, Sarwono Siapkan Program Penanganan Banjir

3 Parpol Pendukung Jokowi-Maruf Ini Bakal Sodorkan Kandidat Sendiri, Bertarung di Pilwali Balikpapan

Apabila walikota tidak ada ketegasan, imbuh Sarwono, kepercayaan masyarakat akan melemah.

“Jadi, ketegasan yang dimaksud ialah ketika ada salah satu aparatur pemerintahan yang melanggar Perda (Peraturan Daerah), maka pemimpin Pemerintahan Kota Samarinda harus sigap menyikapinya dengan tegas. Jangan ada toleran,” sebutnya.

Kemudian terkait pencalonan dirinya di jalur independen, Sarwono menanggapi dengan strateginya dalam memperkenalkan diri kepada masyarakat.

“Jadi kita mau membuka ruang seluas – luasnya kepada masyarakat agar mereka tahu siapa calon pemilihnya. Kita harus aktif masuk kelingkungan masyarakat, dengan tidak memilih-milih dan membedakan,” ungkapnya.

Sarwono sendiri mengaku, untuk tidak menutup peluang apabila ada partai yang berniat mengusungnya. Namun sejak resmi lepas dari Partai  PKS, Sarwono mengaku belum menerima adanya penawaran dari partai manapun, yang ingin membangun konsolidasi.

“Peluang menang juga besar di jalur independen. Bagaimanapun proses pemilihannya, tetap setiap calon akan berkompetisi di pemilu.

Kalau memang dalam sejarah pemilihan kepala daerah, bagi setiap calon yang menggunakan jalur independen belum pernah ada yang menang, saya siap bersaing, dan bila Insya Allah saya terpilih, artinya saya membuat sejarah baru bagi Samarinda, sebagai calon yang menang dengan menggunakan jalur Independen," katanya.(*)

Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved