Berita Pemkab Kutai Barat

Meriahkan HUT Kemerdekaan, Wabup Buka Gerak Jalan dan Lomba Oltrad: Menyumpit hingga Bagasing

Kecuali menyumpit, dibuka untuk umum. Tahun ini peserta tampak antusias. Untuk menyumpit sudah terdaftar 60 peserta

Meriahkan HUT Kemerdekaan, Wabup Buka Gerak Jalan dan Lomba Oltrad: Menyumpit hingga Bagasing
HUMASKAB KUBAR
Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan membuka lomba gerak jalan beregu dan lomba tradisional (Oltrad) dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019, di Alun-Alun ITho Komplek Perkantoran Setkab Kubar, Sendawar, Senin (12/8/2019) pagi. 

SENDAWAR - Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan membuka lomba gerak jalan beregu dan lomba tradisional (Oltrad) dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019, bertempat di Alun-Alun ITho Komplek Perkantoran Setkab Kubar, Senin (12/8/2019).

Turut hadir pada pembukaan Sekda Kubar Yacob Tullur, pejabat eselon dan jajaran Forkopimda.

Wakil Bupati Edyanto Arkan ditemui di sela-sela kegiatan menuturkan dengan gerak jalan dan oltrad diharapkan menumbuh kembangkan kembali budaya lokal di tengah olahraga modern. Ini ajang prestasi bagi generasi muda.

Edyanto Arkan berharap melalui kegiatan lomba jalan beregu dan oltrad ini akan menggugah rasa kebersamaan dalam tali persaudaraan yang semakin kokoh.

Serta meningkatkan pemahaman akan cinta tanah air yang harus terus digalakkan sebagai langkah juang kita bersama mengisi hari kemerdekaan, tanpa meninggalkan kearifan lokal.

Panitia Pelaksana Oltrad, Alkatib menjelaskan ada beberapa lomba digelar tahun ini, diantaranya, menyumpit, begasing, logo, lari kaki tiga, bakiaq, dan tarik tambang. Peserta terdiri dari perangkat daerah Pemkab Kubar.

Kecuali menyumpit, dibuka untuk umum. Tahun ini peserta tampak antusias. Untuk menyumpit sudah terdaftar 60 peserta, sementara gerak jalan diikuti pelajar dan OPD Kubar 35 regu.

Perlombaan berlangsung 12 - 16 Agustus 2019.

Tujuannya untuk mengangkat kearifkan lokal, dan membangkitkan kembali serta melestarikan budaya olahraga tradisional agar anak muda semangat kembali dan bergerak untuk menggeluti oltrad yang hampir punah.

"Jika tidak kita siapa lagi yang akan melestarikan, "ucap Alkatib yang juga Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kubar ini.

Menurut Alkatib, ragam perlombaan bukan hanya perlombaan biasa akan tetapi kegiatan hari sarat akan makna yang salah satunya, semangat dan tekad serta kerjasama yang harus terus dilatih untuk mencapai kesukseskan generasi muda dimasa yang akan datang. Oltrad telah diajarkan oleh nenek moyang kita. (hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved