Sidang Mediasi Lanjutan Soal Tumpahan Minyak di Balikpapan Gagal. Lanjut ke Sidang Pokok Perkara

Sidang gugatan warga negara (Citizen Lawsuit) perkara tumpahan minyak di Teluk Balikpapan kembali dilanjutkan selasa, (13/8/2019)

Sidang Mediasi Lanjutan Soal Tumpahan Minyak di  Balikpapan Gagal. Lanjut ke Sidang Pokok Perkara
TribunKaltim.Co/Aris Joni
Suasana sidang mediasi di lantai 2 kantor PN Balikpapan terkait tumpahan minyak di Teluk Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sidang gugatan warga negara (Citizen Lawsuit) perkara tumpahan minyak di Teluk Balikpapan kembali dilanjutkan selasa, (13/8/2019) dengan agenda, mediasi para Tergugat menyerahkan resume hasil kesepakatan dalam sidang mediasi pertama yang digelar pada Selasa, (30/7/2019) lalu.

Pada sidang kali ini tidak dihadiri oleh para tergugat, kecuali satu tergugat yakni, Gubernur Kaltim.

Pada sidang kali berbeda dengan sidang sebelumnya. Kalau sebelumnya sidang dilakukan secara terbuka, sidang kali ini dilakukan secara tertutup di lantai dua Kantor Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan.

Dikonfirmasi usai sidang mediasi, Direktur Jaringan Advokat Lingkungan Hidup Fathul Huda Wiyashadi, SH menjelaskan, Ketidak hadiran Gubernur Kaltim Isran Noor menunjukan tidak adanya itikat baik untuk menyelesaikan persoalan tumpahan minyak di Teluk Balikpapan.

Ia menjelaskan, Penggugat sangat menyanyangkan sikap Gubernur Kaltim yang tidak punya itikat baik untuk hadir sidang mediasi,

juga menandakan bahwa Gubernur Kaltim tidak memiliki keseriusan dalam menghormati jalannya persidangan serta tidak ada keinginan untuk menyelesaikan persoalan tumpahan minyak di Teluk Balikpapan.

"Diantaranya untuk membuat Peraturan Daerah mengenai sistem informasi lingkungan hidup yang mencakup sistem peringatan dini, untuk mengantisipasi kejadian-kejadian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang berpotensi terjadi di masa yang akan datang," jelasnya.

Sebanyak 259 aparat keamanan dikerahkan membersihkan tumpahan minyak di sepanjang Pantai Monpera hingga Pelabuhan Semayang, Senin (2/4/2018).
Sebanyak 259 aparat keamanan dikerahkan membersihkan tumpahan minyak di sepanjang Pantai Monpera hingga Pelabuhan Semayang, Senin (2/4/2018). (tribunkaltim.co/muhammad fachri ramadhani)

Lebih lanjut ucap dia, sesuai dengan agenda sidang mediasi kali ini yaitu para Tergugat menyampaikan resume inisiatif disertai lampiran rancangan peraturan atau tindakan yang menjadi tuntutan Penggugat,

yang kemudian diserahkan kepada hakim mediator untuk dilihat kesesuaian antara resume tersebut dengan tuntutan yang diinginkan dalam petitum penggugat.

"Namun sangat disayangkan, resume inisiatif yang disampaikan para Tergugat merupakan jawaban yang sama dengan apa yang di sampaikan para Tergugat pada surat tanggapan atas notifikasi para penggugat," ungkapnya.

BREAKING NEWS Hari Ini Sidang Lanjutan Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Sidang Tertutup

Sidang Lanjutan Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Tergugat Dianggap Tidak Paham Tuntutan

Sidang Gugatan Tumpahan Minyak Ditunda; Tergugat dari Kemenhub Akan Dihadirkan

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved