Berita Pemkab Mahakam Ulu

Unmul Beber Hasil Kajiannya Mengenai Potensi SDA Mahulu, Ini Daftar Unggulannya

Seminar ini dalam rangka mengidentifikasi potensi sektor dan komoditas unggulan dalam wilayah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu),

Unmul Beber Hasil Kajiannya Mengenai Potensi SDA Mahulu, Ini Daftar Unggulannya
HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh membuka seminar laporan akhir kajian potensi sumberdaya alam Mahulu. Seminar dua hari ini digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Tepadu (DPMPPT) Mahulu untuk mengdentifikasi potensi SDA yang tersedia di kabupaten ini, Rabu (7/8/2019). 

UJOH BILANG - Dalam rangka mengidentifikasi potensi sektor dan komoditas unggulan dalam wilayah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Tepadu (DPMPPT) menggelar seminar laporan akhir kajian potensi sumber daya Kabupaten Mahulu, di Ruang Rapat Bappelitbangda, Rabu (7/8/2019).

Kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama dua hari, Rabu hingga Kamis (8-9 Agustus) dibuka Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH diwakili Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun,M.Si.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Sekda menuturkan, untuk melakukan pengumpulan data potensi sumber daya alam harus benar-benar disiapkan secara matang, yang harus berdampak positif terjaminnya perekonomian masyarakat Mahulu.

"OPD teknis harus mencermati setiap data-data potensi sumber daya alam yang akan dikaji untuk dikembangkan agar sesuai harapan," ungkapnya.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, dari susunan peta potensi investasi, infrastruktur juga ketersediaan tenaga kerja dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik investasi, karena kemajuan perekonomian daerah tak lepas dari peran investasi menjadi penting karena menjadi pilar utama yang mengerakkan potensi alam daerah.

"Ini bisa menjadi informasi bagi investor untuk menanamkan usahanya di Mahulu, yang akan berdampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Bupati berharap, nantinya dengan tersusun buku potensi sumber daya yang berkaitan dengan investasi ini, maka akan mendekatkan pemetaan komoditas unggulan yang ada di wilayah Mahulu.

"Disamping itu juga, kita bisa mengetahui faktor yang menghambat atau yang mendukung dalam pengelolaan potensi yang ada ditempat kita ini, selain itu juga kita bisa tahu orientasi dan jaringan pasarannya," jelasnya.

Dalam laporan Kepala DPMPPT Merkuria Ping, SH yang diwakili Kabid Penanaman Modal, Analisa dan Promosi Silvinus Ding, S.Pd,M.Pd menuturkan, penelitian ini secara umum untuk memberikan gambaran prospek bisnis dan ekonomi agar menyusun strategi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan investasi di Mahulu.

"Kajian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi utama bagi pemerintah maupun pihak investor, kepada pemerintah kajian ini dapat memantapkan data penting terkait kesiapan Kabupaten Mahulu untuk mengundag investor di Mahulu," tandasnya.

Hadir langsung Tim kajian potensi sumber daya, Ketua ULS Posdaloka Universitas Mulawarman Purwadi,SE,M.Si, serta Sekretaris Disparpora Lorensius Liah, S.Sos,M Si, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Lung, SH. (hms11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved