HUT Ke 74 Kemerdekaan RI

Lapas Bontang Usulkan 760 Warga Binaan Terima Remisi HUT Kemerdekaan, 15 Napi Remisi Bebas

Sebanyak 760 warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III A Bontang menerima remisi pada hari HUT Kemerdekaan ke-74

Lapas Bontang Usulkan 760 Warga Binaan Terima Remisi HUT Kemerdekaan, 15 Napi Remisi Bebas
TribunKaltim.Co/Ichwal Setiawan
LANGSUNG BEBAS — Belasan warga binaan Lapas Kelas III A Bontang menerima remisi umum II atau remisi bebas. Mereka menerima remisi setelah menjalani minimal 6 bulan masa kurungan dan berkelakuan baik 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Sebanyak 760 warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III A Bontang menerima remisi pada hari HUT Kemerdekaan ke-74.

Jumlah penerima remisi yang diberikan tahun ini meningkat ketimbang tahun sebelumnya hanya 726 narapidana.

Besaran remisi yanh diterima beragam mulai dari palinh rendah 1 bulan hingga paling tinggi selama 6 bulan.

Kepala Lapas Bontang, Heru Yuswanto mengatakan pihaknya mengoptimalkan pemberian remisi bagi seluruh warga binaan yang telah memenuhi syarat. Saat ini dari jumlah 1.071 napi, sebagian besar telah menerima remisi.

“Kalau yang belum terima remisi karena mereka belum melalui 6 bulan masa penahanan di Lapas Bontang,” ujar Kalapas Heru kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Rabu (14/8/2019).

Heru menambahkan, pada remisi kemerdekaan ini 15 warga binaan menerima remisi umum II atau langsung bebas. Salah satu dari penerima remisi bebas napi Tindak Pindana Korupsi (Tipikor).

Pemberian SK Remisi nanti dilakukan saat apel HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Lapas Bontang 17 Agustus nanti.

“Napi kita Fajar dari kasus Tipikor juga terima, dia sudah memenuhi syarat untuk menerima remisi,” ujar Heru.

Saat ini, pihak Lapas Bontang telah menerapkan sistem digital untuk pengurusan remisi. Warga binaan secara mandiri bisa memantau usulan remisi mereka melalui alat sistem self service.

Melalui alat tersebut, masing-masing napi bisa mengecek remisi yang mereka terima daring dan terbaru. “Kita punya alatnya untuk mengecek remisi, kalau saya sebutnya ATM Remisi. Jadi warga binaam bisa cek langsung dari online,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved