Tekan Jumlah Pengangguran, Pemkot Samarinda Akan Hadirkan Skill Development Center

Kehadiran SDC untuk mengembangkan persoalan ketenagakerjaan secara terpadu melalui pelatihan, magang, uji kompetensi, sertifikasi dan penempatan kerja

Tekan Jumlah Pengangguran, Pemkot Samarinda Akan Hadirkan Skill Development Center
Tribunkaltim.co, Cahyo Wicaksono
Rapat Pembentukan Skill Development Center (SDC), yang diagendakan oleh Dinas Tenaga Kerja Samarinda, yang membahas menyusun program SDC untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemkot Samarinda berupaya menekan jumlah pengangguran di Kota Samarinda dengan menghadirkan Skill Development Center (SDC) ke Kota Samarinda. 

Dari data terakhir, disebutkan jumlah pengangguran di Kota Samarinda mencapai 6,16 persen.

Berkaitan dengan hal tersebut, hadirnya Skill Development Center (SDC) diharapkan bisa memberi andil, dalam mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran di Kota Samarinda.

Dalam Rapat Pembentukan Skill Development Center (SDC), yang diagendakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda, Kepala Dinas Tenaga Kerja A Lujah Irang mengatakan perencanaan ini ialah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kehadiran SDC untuk mengembangkan persoalan ketenagakerjaan secara terpadu melalui pelatihan, magang, uji kompetensi, sertifikasi dan penempatan kerja. Kehadirannya diharapkan efektif dalam mengatasi pengangguran,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja A Lujah Irang, Rabu (14/8/2019).

Diungkapkan oleh Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, bahwa saat ini ada 14 Kabupaten/Kota dan Provinsi di seluruh Indonesia yang mendapatkan kepercayaan untuk menyusun program SDC.

Indikatornya adalah dari keberhasilan dalam mengurangi angka pengangguran dan ada 4 masing-masing Kabupaten/Kota yang sudah sukses menjalankan program SDC dan berhasil menekan angka pengangguran, diantaranya Bandung Barat, Solo, Denpasar dan Banda Aceh serta Kota Samarinda.

“Setelah saya melihat Program SDC sangat bagus, banyak manfaatnya dan ini sesuai dengan Visi dan Misi Walikota Samarinda menurunkan angka kemiskinan, menekan angka pengangguran, dan meningkatkan lapangan pekerjaan,” kata Sugeng.

Rapat Pembentukan Skill Development Center (SDC), yang diagendakan oleh Dinas Tenaga Kerja Samarinda, yang membahas menyusun program SDC untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.
Rapat Pembentukan Skill Development Center (SDC), yang diagendakan oleh Dinas Tenaga Kerja Samarinda, yang membahas menyusun program SDC untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. (Tribunkaltim.co, Cahyo Wicaksono)

Secara umum, dijelaskan diforum SDC berfungsi sebagai sarana bagi para pemangku kepentingan, terkait Stake Holder untuk bersinergi dan bekerjasama guna menciptakan sarana komunikasi.

Tentunya dibutuhkan Koordinasi, dan sinkronisasi (KKS) untuk membahas, menyusun rencana dan melakukan langkah-langkah pemecahan secara sistematis dan berkelanjutan guna mengatasi masalah ketenagakerjaan di daerah.

Kemudian sangat berpengaruh juga dalam meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan dan pelatihan vokasi, sesuai dengan kebutuhan di daerah (link and match), meningkatkan sertifikasi kompetensi dan rekognisi kompetensi tenaga kerja di daerah.(m07)

Baca Juga;

Resmi, Daftar 24 Pemain Timnas Indonesia untuk TC, Ada 6 Naturalisasi Termasuk Otavio Dutra

Kendarai Mobil Baru Raffi Ahmad, Nagita Slavina Diprotes Pengasuh Rafathar, Rating Kiri Belok Kanan

5 Bersaudara Dilantik jadi Anggota DPRD HSS, Perwakilan Keluarga Ungkap Motivasi jadi Wakil Rakyat

Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved