Berita Pemkab Paser

Teken MoU dengan Pemprov, Bupati Paser Serius Akan Optimalkan Potensi Pajak Retribusi Daerah

Sumber daya alam tersebut dieksploitasi besar besaran tapi kontribusinya ke pemerintah daerah masih sangat kecil," kata gubernur.

Teken MoU dengan Pemprov, Bupati Paser Serius Akan Optimalkan Potensi Pajak Retribusi Daerah
HUMASKAB PASER
Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie menandatanganan MoU dengan Pemprov Kaltim dalam rangkaian Rapat Kerja Optimalisasi pendapatan daerah berdasarkan geospasial di Ballroom Hotel Senyiur Balikpapan, Selasa (13/8/2019). 

SAMARINDA – Dalam upaya mengoptimalkan peningkatan pajak daerah Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi menandatangani MoU dengan Gubernur Kaltim.

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan pada saat Rapat Kerja Optimalisasi pendapatan daerah berdasarkan geospasial di Ballroom hotel Senyiur Balikpapan, Selasa (13/8/2019).

Bersama bupati paser, penantatanganan MoU ini juga dilakukan seluruh bupati dan walikota sekaltim.
Penandatanganan MoU ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota dalam hal peningkatan pengelolaan penerimaan pajak daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Kemudian untuk mengoptimalkan potensi pajak daerah dan menggali sumber sumber potensi pajak daerah yang berada di kabupaten dan kota guna mendorong peningkatan penerimaan pajak daerah dan dana bagi hasil pajak daerah bagian kabupaten dan kota.

Selain itu juga daksudkan untuk menyamakan persepsi dan mencari solusi setiap permasalahan yang muncul akibat penyelenggaraan pengelolaan pajak daerah provinsi yang menjadi bagian kabupaten kota.

Pada saat itu Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan agar para bupati dan walikota berupaya untuk mengoptimalkan pendapatan pajak daerah dari sumber daya alam yang cukup besar di kaltim.

"Kaltim memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Sumber daya alam tersebut dieksploitasi besar besaran tapi kontribusinya ke pemerintah daerah masih sangat kecil," kata gubernur.

Bupati Paser, Drs H Yusriansyah Syarkawi MSi mengungkapkan, banyak potensi peningkatan pada bidang pajak retrebusi daerah yang tengah direncanakan oleh pihaknya.

Salah satunya, adalah penigkatan pendapatan dari sektor pajak dan retrebusi daerah pada bidang bangunan sarang burung walet di 10 kecamatan di Kabupaten Paser.

"Memang, selama ini kita masih belum begitu optimal untuk meraih pendapatan daerah melalui sektor tersebut," ujarnya, Selasa (13/8/2019) di Hotel Bumi Senyiur Samarinda.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved