Dinkes Kutim Bentuk Pengurus Pramuka Saka Bhakti Husada

Dinas Kesehatan Kutai Timur membentuk pengurus Pramuka Satuan Karya (Saka) Bhakti Husada.

Dinkes Kutim Bentuk Pengurus Pramuka Saka Bhakti Husada
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Pembentukan pengurus saka Bhakti Husada Pramuka Kwarcab Kutai Timur dirangkaikan dengan pelatihan_ 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Dinas Kesehatan Kutai Timur membentuk pengurus Pramuka Satuan Karya (Saka) Bhakti Husada.

Pembentukan pengurus dilakukan  Wakil Bupati Kasmidi Bulang yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kutai Timur di aula Dinkes Kutim, Kamis (15/8).

Pembentukan pengurus tingkat kabupaten ini, dirangkaikan dengan pembekalan untuk mematangkan Saka Bhakti Husada Kutim. Diikuti sekitar 15 pengurus Saka Bhakti Husada di lingkungan Dinas Kesehatan Kutim.

“Kita hadir di sini untuk satu tujuan. Kita ingin membesarkan kepanduan atau Pramuka. Saka Bhakti Husada adalah satuan karya yang berhubungan dengan kesehatan.

Seperti di instansi lain, Dinas Kehutanan dengan Saka Wana Bakti, di Lanal Sangatta dengan Saka Bahari dan lainnya,” kata Kasmidi.

Saka Bhakti Husada, menurut Kasmidi sudah terbentuk dari pusat hingga daerah. Setelah tingkat kabupaten, diharapkan terbentuk juga di tingkat kecamatan.

“Alhamdulillah, di Kutim hampir seluruh saka yang ada di Kaltim, Alhamdulillah ada pula di Kutim. Kecuali Saka Dirgantara,” ujarnya.


Kehadiran Saka Bhakti Husada, melengkapi saka lainnya yang ada di Kutim. Dalam menyambut gelaran Peran Saka dimana Kutim sebagai tuan rumah, pada 16 September 2019 mendatang.

 “Seluruh saka akan berkumpul bersama, sharing tentang kegiatan yang dilakukan dan kendala yang dihadapi. Tujuannya agar bagaimana saka yang sudah ada, bisa jadi pelopor generasi yang siap pakai dan andal. Bukan sebagai generasi yang lembek dan mudah dimasuki isu-isu negatif,”beber Kasmidi.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani mengatakan pembentukan pengurus saat ini, karena saka Bhakti Husada sebelumnya sempat mati suri.

Karena banyak program kesehatan yang bisa digarap oleh Saka Bhakti Husada. “Ada enam krida yang bisa dilaksanakan oleh Saka Bhakti Husada.

Yakni, bina lingkungan, bina keluarga sehat, bina gizi, bina pengendalian penyakit, bina pengendalian obat dan bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” kata Bahrani.

Ia juga berharap Saka Bhakti Husada periode 2019-2023 bisa membina personel dan masyarakat agar krida yang dicanangkan bisa terlaksana di masyarakat. Terutama soal PHBS.(*)

Baca Juga

Peringati 58 Tahun Pramuka, Bupati: Pramuka Bisa Bentuk Generasi Muda Tangguh Cinta NKRI

Hari Pramuka di Balikpapan, Ketua Kwarcab Pramuka Rahmad Masud Beri Pesan

Wali Kota Minta Insan Pramuka Balikpapan Melek Iptek di Era Industri 4.0

20 Anak Berkebutuhan Khusus Ikuti Jambore Pramuka

650 Pramuka Sangatta Ikuti Pawai Obor, Dilepas Wabup Kasmidi Bulang

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved