Milenial

Eksistensi Profesi Guru Sekolah dan Dosen Kampus Diprediksi Terancam Hadirnya Teknologi Robot

Berdasarkan data yang kami kutip dari Android Authority, saat ini sudah ada sebanyak 25 persen pekerjaan yang tugasnya mulai dibebankan ke manusia.

Eksistensi Profesi Guru Sekolah dan Dosen Kampus Diprediksi Terancam Hadirnya Teknologi Robot
Thinkstock
Robot 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Dunia digital ere milenial mulai menggebrak lini-lini kehidupan. Semua seakan sudah bergantung pada teknologi seperti melalui smartphone

Belakangan ada pernyataan mengenai tantangan zaman milenial dan ke depan. 

Tak lagi sekedar bergantung pada smartphone namun juga pada kecerdasan buatan yang lebih super termasuk dalam bentuk robot

Di era teknologi yang berkembang semakin pesat saat ini, sejumlah pekerjaan jadi bisa dikerjakan dengan lebih mudah.

Sejumlah sistem teknologi digital sudah berhasil diciptakan dengan tujuan untuk membantu pekerjaan manusia.

Bahkan bukan cuma membantu, tapi juga menggantikan peran manusia.

Berdasarkan data yang kami kutip dari Android Authority, saat ini sudah ada sebanyak 25 persen pekerjaan yang tugasnya mulai dibebankan kepada pekerja non-manusia.

Pekerja ini bisa dalam bentuk robot atau sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Telemax Pro 2009 robot penjinak bom milik Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim. Rabu (20/2/2019) personel Brimob melakukan pelatihan mengoperasionalkan robot tersebut langsung dengan teknisi asal Jerman.
Telemax Pro 2009 robot penjinak bom milik Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim. Rabu (20/2/2019) personel Brimob melakukan pelatihan mengoperasionalkan robot tersebut langsung dengan teknisi asal Jerman. (Tribunkaltim/fachri)

Lebih parahnya lagi, 25 persen pekerjaan ini juga terancam akan segera dikuasai oleh pekerja non-manusia secara keseluruhan.

Di belahan dunia lain, tepatnya di United Kingdom atau Britania Raya, juga tercatat sejumlah pekerjaan yang punya risiko besar untuk digantikan robot dan AI.

Halaman
12
Editor: Budi Susilo
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved