Polsek Samarinda Seberang Berbagi Tips Terhindar dari Jambret, Nomor 5 yang Terpenting

pengendara diminta untuk mempersiapkan diri dengan sejumlah pertahanan, mulai dari ilmu diri, serta alat pertahanan diri, seperti alat setrum

Polsek Samarinda Seberang Berbagi Tips Terhindar dari Jambret, Nomor 5 yang Terpenting
(TribunKaltim.co/Nevrianto Hardi Prasetyo)
PENGUNGKAPAN KASUS JAMBRET-Polsek Samarinda Seberang merilis keberhasilan mengungkap kasus tindak kejahatan dengan kekerasan (jambret) dengan tersangka Junaidi alias Junai warga jalan Bung Tomo dan Mahensra Saputta alias Idam warga jalan M Said Sungai Kunjang. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Maraknya kejadian penjambretan maupun pembegalan di Kota Tepian akhir-akhir ini, membuat warga resah.

Kendati beberapa pelaku telah berhasil diamankan Kepolisian, namun warga diminta untuk tetap waspada saat berkendara, entah menggunakan motor maupun mobil.

Belum lama ini Unit Reskrim Polsek Samarinda Seberang menangkap dua kakak beradik pelaku penjambretan. Bahkan, Kepolisian harus melumpuhkan kedua pelaku dengan timah panas, karena melakukan perlawanan saat hendak diamankan.

Keduanya diketahui telah beraksi di 20 lokasi yang tersebar di berbagai kecamatan. Tidak hanya merampas tas korbannya. Namun, pelaku juga pernah membawa kabur motor yang terparkir.

Tidak hanya melakukan penindakan, namun Kepolisian juga mengedukasi masyarakat agar terhindar dari aksi kejahatan jalanan.

Kanit Reskrim Polsek Samarinda Seberang Iptu Teguh Wibowo berbagi tips kepada masyarakat agar tidak menjadi korban jambret maupun begal, di antaranya :

Pertama, jangan menggunakan perhiasan, maupun benda berharga yang mencolok, yang dapat menarik perhatian pelaku kejahatan jalanan.

"Apalagi kalau pakai motor, karena pakai mobil saja bisa dipecahkan kacanya. Tidak usah menggunakan barang yang berlebihan," ucapnya, Kamis (15/8/2019).

Kedua, pengguna kendaraan diminta untuk menghindari jalanan yang sepi. Sebaiknya menggunakan jalur yang ramai walaupun jaraknya cukup jauh. Pasalnya, pelaku kejahatan jalanan kerap beraksi di lokasi yang sepi.

Ketiga, upayakan berkendara tidak sendirian. Selain untuk dapat saling menjaga saat di jalanan, hal ini juga dapat membantu Kepolisian saat penyelidikan dilakukan.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved