HUT Ke 74 Kemerdekaan RI

Warga Antusias Sambut HUT RI, Memperkenalkan Kembali Permainan Tradisional di Ajang Lomba

Perayaan Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap 17 Agustus, selalu identik dengan lomba-lomba permainan tradisional.

Warga Antusias Sambut  HUT RI, Memperkenalkan Kembali Permainan Tradisional di Ajang Lomba
TribunKaltim.Co/Cahyo Wicaksono Putro
Warga Antusias Sambut Kemerdekaan Indonesia, Demgam Memperkenalkan Kembali Permainan Tradisional Dalam Ajang Lomba, di kawasan Gor Sempaja, Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO SAMARINDA - Perayaan Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap 17 Agustus, selalu identik dengan lomba-lomba permainan tradisional

Nilai itulah yang berusaha terus dipertahankan oleh sejumlah kalangan, dalam mengisi kemerdekaan, dengan menggelar berbagai perlombaan permainan tradisional.

Bermain egrang, bakiak dan permainan rakyat lainnya, mungkin sangat asing bagi anak-anak generasi saat ini.

Apalagi di zaman serba modern saat ini, anak-anak mungkin lebih jago memainkan game online dari smartphone orangtua mereka, atau bahkan memang kepunyaan anak-anak yang dibelikan orangtuan mereka.

Warga Antusias Sambut Kemerdekaan Indonesia, Demgam Memperkenalkan Kembali Permainan Tradisional Dalam Ajang Lomba, di kawasan Gor Sempaja, Samarinda.
Warga Antusias Sambut Kemerdekaan Indonesia, Demgam Memperkenalkan Kembali Permainan Tradisional Dalam Ajang Lomba, di kawasan Gor Sempaja, Samarinda. (TribunKaltim.Co/Cahyo Wicaksono Putro)

Agar tidak hilang ditelan kemajuan zaman, Fikri bocah 12 tahun berniat untuk kembali mengajak anak-anak sebayanya, dalam momentum perayaan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus tahun ini,

sebagai momentum untuk mempertahankan atau memperkenalkan kembali permainan-permainan rakyat tersebut, seperti egrang, bakiak, balap karung dan sebagainya.

Fikri mengatakan, dirinya tidak ingin teman sebayanya saat ini tidak bisa atau tidak mengenal permainan-permainan tradisional Indonesia yang pernah menjadi permainan idola anak-anak sebelum era modernisasi seperti saat ini.

“Harapannya kalau nanti mau buat lomba, kalau bisa mengadakan kegiatan yang menghidupkan kembali permainan rakyat yang saat ini hilang ditelan zaman,” ucapnya, Kamis (15/8/2019).

Seperti permainan egrang atau yang juga dikenal sebagai permainan jangkungan. Itu adalah permainan rakyat yang bisa diperlombakan saat perayaan kemerdekaan.

Namun saat ini, permainan tersebut seolah menghilang, bahkan saat perayaan hari kemerdekaan. Padahal, memainkan egrang, punya nilai yang bisa melatih kesabaran dan keseimbangan.

Halaman
123
Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved