Ibu Kota Baru

Pekan Depan Gubernur Kaltim Isran Noor Paparan Rencana Lokasi Ibu Kota Baru, Banyak Beberkan Peta

Ditegaskan Zairin, semua pemaparan Gubernur Kaltim Isran Noor nantinya lebih kepada persoalan yang belum diketahui oleh Presiden Joko Widodo.

Pekan Depan Gubernur Kaltim Isran Noor Paparan Rencana Lokasi Ibu Kota Baru, Banyak Beberkan Peta
TribunKaltim.Co/Purnomo Susanto
Anggota Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Provinsi Kaltim, Zairin Zain. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Setelah mengikuti rapat pemantapan dan penyiapan paparan Gubernur Kaltim Isran Noor pada dialog nasional pemindahan ibu kota negara Indonesia di Kalimantan Timur pada Jumat (16/8/2019) siang di Ruang Propeda, lantai II kantor Bappeda Kaltim, Jalan Kusuma Bangsa, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Ditemui Tribunkaltim.co, anggota Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Provinsi Kaltim, Zairin Zain mengungkapkan, Gubernur Kaltim Isran Noor nantinya akan lebih banyak memaparkan peta.

“Maksud dari peta yang saya sampaikan itu, yakni peta soal seluruh lokasi yang direncanakan untuk dijadikan Ibu Kota Baru Negara Indonesia, peta sosial kemasyarakat di sekitar Taman Hutan Raya Bukit Soeharto maupun peta sosial kemasyarakatan Kaltim secara keseluruhan,” ujarnya saat ditemui Tribunkaltim.co usai dirinya mengikuti rapat tersebut.

“Selain itu, Pak Gubernur juga akan memaparkan soal peta kondisi lingkungan sekitar lokasi rencana Ibu Kota Baru, peta ekonomi masyarakat sekitar dan Kaltim secara keselurahan. Juga, peta soal bukaan lahan yang berada di sekitaran lokasi perpindahan ibu kota nanti,” tuturnya.

Ditegaskan Zairin, semua pemaparan yang dilaksanakan Gubernur Kaltim Isran Noor nantinya lebih kepada persoalan yang belum diketahui oleh Presiden Joko Widodo.

Sehingga nantinya saat melaksanakan lemaparan gubernur hanya menyampaikan hal-hal terbaru yang menjadi penelitian Pemprov Kaltim maupun lembaga peneliti yang bekerjasama dengan Pemprov Kalimantan Timur.

“Jadi, nanti pas pemaparan, Pak Gubernur hanya menyampaikan hal-hal baru yang tidak dieketahui oleh Pak Presiden Joko Widodo," ujarnya. 

Sebab, kebanyakan penelitian di lokasi tempat nantinya Ibu Kota Baru dipindahkan sudah banyak diteliti oleh Bappenas (Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional).

Rencana pemaparan sendiri, dibeberkan Zairin, bisa dilakukan dengan dua cara. Melalui dialog nasional, atau langsung dilaksanakan dihadapan Presiden RI pada Selasa (21/8/2019), atau Rabu (22/8/2019) mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, direncanakan Gubernur Kaltim Isran Noor akan memaparkan presentasi selama 15 sampai 20 menit.

Halaman
1234
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved