Ibu Kota Baru

Bappenas Berandai Ibu Kota Indonesia di Kaltim dan Kemudian Bantah Bukan Bukit Soeharto

Bukit Soeharto bukan pilihan menjadi lokasi pemindahan ibu kota. Alasan Bukit Soeharto bukan katergori wilayah Ibu Kota Baru lantaran hutan lindung.

Bappenas Berandai Ibu Kota Indonesia di Kaltim dan Kemudian Bantah Bukan Bukit Soeharto
Kolase Tribunkaltim.co/Antara
Rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke wilayah Pulau Kalimantan. Berhembus kabar, Bukit Soeharto tidak masuk kriteria lokasi Ibu Kota Baru bagi Republik Indonesia (RI). Padahal beberapa hari sebelumnya, Bappenas dalam diskusi formal, bermimpi Bukit Soeharto menjadi lokasi Ibu Kota Baru RI, sekaligus akan menebarkan misi mengembalikan jadi hutan lindung. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Menjelang detik-detik hari raya Kemerdekaan Republik Indonesia, terdengar ramai mengenai isu rencana pemindahan ibu kota Indonesia, pindah dari Jakarta ke Pulau Kalimantan.

Berhembus kabar, Bukit Soeharto tidak masuk kriteria lokasi Ibu Kota Baru bagi Republik Indonesia (RI).

Padahal beberapa hari sebelumnya, Bappenas dalam diskusi formal, bermimpi Bukit Soeharto menjadi lokasi Ibu Kota Baru RI, sekaligus akan menebarkan misi mengembalikan jadi hutan lindung.

Dikabarkan, 16 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo akan umumkan Ibu Kota Baru di Kalimantan.

Ini pun membuat heboh masyarakat, satu di antaranya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menunggu dan menyaksikan pengumuman Ibu Kota Baru dari Presiden Joko Widodo.

Sebenarnya, Gubernur Kaltim Isran Noor membeberkan, Presiden Joko Widodo di Pidato Kenegaraan di Jakarta, akan sampaikan mengenai pilihan Ibu Kota Baru.

Dan secara gamblang, Gubernur Kaltim Isran Noor pun penuh keyakinan, Kalimantan Timur dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ibu Kota Baru bagi Republik Indonesia, pindah dari Jakarta ke Bukit Soeharto, Kalimantan Timur.

Tidak hanya itu, beredar pula di tengah masyarakat di Kalimantan Timur, yang merasa percaya diri akan dipilih menjadi provinsi yang menjadi lokasi Ibu Kota Baru.

“Hampir 90 persen, Kalimantan Timur dipilih jadi Ibu Kota Baru RI,” ujar Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Tribunkaltim.co

Hal ini nampak satu di antaranya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Lokasi Balikpapan bisa dibilang lumayan dekat dengan titik rencana lokasi Ibu Kota Baru yang ada di daerah Bukit Soeharto.

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Alfiah Noor Ramadhany
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved