HUT ke 74 Kemerdekaan RI

Ratusan Warga Penajam Penuhi Pantai Tanjung Jumlai, Bergandengan, Bernyanyi dan Pungut Sampah

Kita bisa mulai menjaga kebersihan laut, dari rumah tangga, dan keterlibatan dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat dan masyarakat.

Ratusan Warga Penajam Penuhi Pantai Tanjung Jumlai, Bergandengan, Bernyanyi dan Pungut Sampah
Tribunkaltim.co/Heriani Amir
Sebanyak 400-an warga Penajam Paser Utara (PPU) berkumpul di lokasi wisata Pantai Tanjung Jumlai, Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Minggu (18/8/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Sebanyak 400-an warga Penajam Paser Utara (PPU) berkumpul di lokasi wisata Pantai Tanjung Jumlai, Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Minggu (18/8/2019) siang.

Berkumpulnya mereka tanpa alasan, tapi untuk mengikuti gerakan menghadap laut 2.0 yang diprakarsai Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan dilaksanakan oleh masing-masing daerah.

Penajam Paser Utara, menjadi satu-satunya wilayah di Kalimantan Timur yang melakukan aksi gerakan menghadap Laut 2.0 dalam rangka memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan RI.

Sebanyak 74 titik dan lokasi di Indonesia serta diikuti 74 ribu peserta dari masing-masing daerah dari Sabang sampai Merauke.

Mereka serentak, melakukan gerakan bersih-bersih pantai dari berbagai komponen sampah, yang dikhawatirkan jika dibiarkan, akan merusak ekosistem laut.

Kegiatan dimulai dengan menghadap Laut, sembari bergandengan tangan dan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Setelah itu, dengan alat dan sarana yang disponsori PT Pertamina (Persero).

Berupa alat kebersihan, masyarakat yang terdiri dari Pejabat Pemerintahan, unsur Muspida, komunitas, mahasiswa hingga masyarakat umum.

Mereka berbondong-bondong memungut sampah yang berserakan disekitar pantai.

Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, Getreda Hehanussa mengatakan gerakan menghadap laut 2.0.

Aksi ini merupakan kali kedua diselenggaran, dengan tanggal yang sama yakni 18 Agustus.

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved