Ibu Kota Baru

Ibu Kota Indonesia di Kaltim Bukit Soeharto, Jadi Pencetus Ibu Kota Baru di Dunia Berwawasan Hijau

Rustam sebut pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur tentu akan telurkan sebuah lokasi Ibu Kota Baru yang mengadopsi kelestarian alam.

Ibu Kota Indonesia di Kaltim Bukit Soeharto, Jadi Pencetus Ibu Kota Baru di Dunia Berwawasan Hijau
Kolase Tribunkaltim.co
Dr Rustam Fahmy S Hut M Hut, peneliti Taman Hutan Raya Bukit Soeharto dan gambar jalan tol Balikpapan Samarinda yang berdekatan dengan kawasan Bukit Soeharto. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan setidaknya pas untuk dilakukan pemindahan ibu kota Republik Indonesia ke Kalimantan Timur (Kaltim). 

Khusus mengenai Ibu Kota Indonesia di Kaltim, ada peneliti Bukit Soeharto yang membeberkan mengenai hal konsep Ibu Kota Baru di kawasan hutan rakyat Bukit Soeharto

Sempat beredar, Bukit Soeharto masuk dalam kandidat calon Ibu Kota Baru. 

Penentuan Ibu Kota Indonesia di Kaltim dan Bukit Soeharto dipilih jadi Ibu Kota Baru tentu saja akan menjadi program terobosan bagi bangsa Indonesia. 

Tentu saja terobosan ini langkah inovasi, menjadi satu-satunya di dunia pusat pemerintahan yang berada di tengah hutan lestari, negara Indonesia bisa menjadi pencetusnya. 

Demikian disampaikan oleh Dr Rustam Fahmy S Hut M Hut, peneliti Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, dari Universitas Mulawarman saat bersua dengan Tribunkaltim.co pada Senin (19/8/2019). 

Dirinya menjelaskan, pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur tentu akan telurkan sebuah lokasi Ibu Kota Baru yang mengadopsi kelestarian alam, bisa dinilai sebagai Ibu Kota Baru yang hijau. 

Rustam menilai, menggendong konsep Ibu Kota Baru yang hijau tentu menjadi daya jual lebih bagi Tahura Bukit Soeharto.

Menurut Rustam, pemerintah dapat melaksanakan pembangunan secara masif, pemerintah juga dapat mengakomodir daerah sekitar untuk dijadikan ruang terbuka hijau yang berada di tengah-tengah Ibu Kota Baru negara Indonesia.

Tentunya, dengan diciptakan hal itu akan menjadikan keindahan tersendiri bagi Ibu Kota Baru Indonesia, di Kalimantan Timur nantinya.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved