Januari-Juli Tercatat 26 Kasus Kebakaran Lahan Kota Balikpapan. BPBD Siapkan 6 UPT di Tiap Kecamatan

kebakaran lahan terjadi karena adanya pembukaan lahan dan masyarakat masih tetap membakar sampah sehingga merembet ke lahan sekitarnya

Januari-Juli Tercatat 26 Kasus Kebakaran Lahan Kota Balikpapan. BPBD Siapkan 6 UPT di Tiap Kecamatan
TRIBUN KALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Kepala BPBD kota Balikpapan Suseno mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan di musim kemarau. Sekitar 26 kasus kebakaran lahan terjadi di kota Balikpapan hingga bulan Juli 2019. 

TRIBUN KALTIM.CO, BALIKPAPAN - Hampir setiap tahun Kalimantan seringkali menjadi langganan kebakaran lahan. Bahkan di Balikpapan sendiri juga sering ada laporan adanya kebakaran lahan.

Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno mengatakan mulai Januari hingga Juli 2019 tercatat sekitar 26 kasus pembakaran lahan di kota Minyak.

Menurut Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno kebakaran lahan terjadi karena adanya pembukaan lahan dan masyarakat masih tetap membakar sampah sehingga merembet ke lahan yang ada di sekitarnya.

"Ada juga beberapa sengaja bakar lahan, ada juga tidak sengaja karena bakar sampah lalu merembet jadi kebakaran lahan.  Kasus lahan terbakar ada 26 kasus sampai Juli 2019 ini, ” tutur Kepala BPBD Balikpapan Suseno, Senin (19/8/2019).

Kebakaran terjadi di proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (15/8/2019) pagi.
ILUSTRASI - Kebakaran terjadi di proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (15/8/2019) pagi. (Tribunkaltim.co/fachmi rachman)

Meskipun kasus yang didapat cukup banyak, menurutnya Kebakaran yang terjadi berada dalam skala kecil. Sehingga tidak mengganggu aktifitas kota.

"BPBD memang salah satu tugas penanganan bencana kebakaran baik di pemukiman,  gedung atau lahan.  BPBD siapkan 6 UPT  masing-masing kecamatan," ucap Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno.

Di musim kemarau ini Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan di siang hari. Sebab cuaca kering berpotensi tinggi menyebabkan kebakaran lahan. (jnp)

Baca Juga;

Guru Honorer Setubuhi Siswi SMA Seusai Pelajaran Selesai, Aksi Mesum Juga Tercium Pemilik Kos

Agenda Timnas Indonesia Bisa Untungkan Borneo FC di Liga 1 2019, Berikut Skemanya

Gubernur Kaltim Siap Presentasi 15 Menit soal Lokasi Ibukota Negara, Ini 6 Hal yang Dipaparkan

Spekulan Incar Sekitar Lokasi Calon Ibukota, Lahan Tidur di Samboja mulai Banyak yang Menawar

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved