Bahas Ibu Kota Negara, Gubernur Kalteng Minta Maaf kepada Isran Noor

ubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta maaf secara langsung kepada Gubernur kaltim Isran Noor

Bahas Ibu Kota Negara, Gubernur Kalteng Minta Maaf kepada Isran Noor
TribunKaltim.CO/Fachmi Rachman
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional menggelar Rapat Konsultasi Regional dalam Rangka Penyusunan Rancangam Awal RPJMN di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (19/8/2019). Rapat konsultasi regional ini juga dihadiri lima Gubernur Kalimantan yang akan menyampaikan masukan masukan kepada pemerintah pusat untuk rencana pembangunan regional di Kalimantan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta maaf secara langsung kepada Gubernur kaltim Isran Noor, Selasa (20/8/2019),  dalam rapat Konsultasi Regional Pulau Kalimantan, di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di akhir penyampaian tanggapannya terhadap RPJMN Pemerintah Pusat, Sugianto Sabran menutupnya dengan berkelakar dengan Isran Noor, yang saat itu duduk bersampingan dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro.

"Masalah Ibu Kota Pemerintah Indonesia, Kalimantan Tengah, mohon maaf abang saya Isran Noor. Kalimantan Tengah tidak meminta, tapi kami punya catatan sejarah historis yang baik tahun 1950," ujarnya, seraya disambut tepuk tangan peserta Konreg.

Untuk diketahui, pada 1950-an, presiden RI pertama Soekarno sempat melirik daerah di Kalimantan Tengah sebagai ibu kota negara.

Peletakan batu pertama pembangunan awal Kota Palangkaraya, jadi langkah lanjutan dari wacana kala itu. Secara simbolis diperlihatkan dengan pembangunan tugu peringatan, yang diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 17 April 1957. 

"Usaha sudah ada, doa sudah ada. Tinggal menunggu takdir Allah. Karena mau Kaltim atau Kalteng itu hal biasa," katanya.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Gubermur Kaltim pun sempat berkelakar. Bedanya pada awal penyampaian tanggapan, Isran Noor belakangan diketahui seharusnya menyampailan tanggapan di akhir alias nomor urut 5 dari kepala daerah yang hadir di Konreg.

"Mohon maaf rekan-rekan, ini bukan menyalip," tuturnya seraya disambut riuh rendah tawa dan tepuk tangan. 

Lima Arahan Presiden

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memberikan sambutan di kegiatan Konsultasi Regional Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Negara (RPJMN) 2020-2024 di Novotel Balikpapan, Selasa (20/8/2019).

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved