Ibu Kota Baru

Bappenas Undang Bupati AGM Bahas Ibukota Negara, Kontur Tanah di Sotek Cocok Bangunan Tinggi

surat undangan dari Bappenas kepada Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud, yang akan dihadiri pada Rabu, (21/8/2019).

Bappenas Undang Bupati AGM Bahas Ibukota Negara, Kontur Tanah di Sotek Cocok Bangunan Tinggi
Tribunkaltim.co/HO Bappenas
Peta Lokasi Jika Ibu Kota Indonesia di Kaltim. Penyusunan peta ini berdasarkan kajian dari Bappenas RI. Di Kalimantan Timur ada dua kandidat lokasi yakni di Sotek Kabupaten Penajam Paser Utara dan Bukit Soeharto Kabupaten Kutai Kartanegara. 

TRIBUNKALTIM.CO - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan pemindahan Ibukota Negara di Pulau Kalimantan, saat menyampaikan pidato kenegeraan pada 16 Agustus lalu. Meski tak menyebut provinsi mana di Pulau Kalimantan, namun semua kabupaten/kota menyambut baik bahkan mereka mempersiapkan diri untuk ditunjuk menjadi ibukota negara.

Sama halnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Sejak tahun 2017 lalu, tim dari Pemerintah Pusat dan Mabes Polri sudah pernah turun melakukan survei di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, yang diyakini menjadi bakal ibukota negara.

Kawasan Sotek, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,  dilihat dari udara.
Kawasan Sotek, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dilihat dari udara. (HO)

Bahkan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) juga sudah pernah menyerahkan data-data termasuk peta wilayah Kelurahan Sotek.

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud (AGM) sejak ia dilantik September tahun lalu, sudah menyampaikan bahwa sangat mendukung bila ibukota negara pindah di Penajam khususnya di Sotek.

Pada saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus lalu, AGM menitipkan doa agar Kabupaten Penajam Paser Utara bisa menjadi ibukota negara. "Kita doakan agar Kabupaten PPU bisa menjadi ibukota negara," ujarnya.

Bupati PPU, Abdul Gafur Masud atau AGM mengimbau kepada seluruh masyarakat Penajam Paser Utara, baik yang belum dan telah memiliki IMB, memanfaatkan kesempatan pengurusan IMB gratis sebaik mungkin, Selasa (6/8/2019).
Bupati PPU, Abdul Gafur Masud atau AGM  (TribunKaltim.Co/Heriani AM)

Sementara itu, lokasi pemindahan Ibukota Negara di Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur yang menjadi opsi Presiden Republik Indonesia, nampaknya akan bermuara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Apalagi, tanggal 16 Agustus 2019 lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengatakan, ibu kota negara tidak akan dipindahkan ke Bukit Soeharto, karena statusnya sebagai hutan lindung.

Hal tersebut, menjadikan Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, menjadi satu-satunya opsi pemindahan ibukota negara di Kalimantan Timur.

Dugaan PPU sebagai lokasi pemindahan ibukota negara, semakin didukung dengan adanya surat undangan dari Bappenas kepada Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud, yang akan dihadiri pada Rabu, (21/8/2019).

"Rencana terdekat, kita dapat undangan dari Bappenas untuk penetapan Ibukota Baru. Kalau dicium bau-baunya sih, mudah-mudahan Kalimantan Timur menjadi ibukota pemerintah Indonesia," kata Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud atau AGM, Senin (19/8/2019).

Halaman
1234
Penulis: Samir Paturusi
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved