Berita Pemkab Kutai Barat

Ingin Kubar Raih 5 Kali WTP, Bupati Ingatkan Pegawai dalam Mengelola Keuangan Selalu Taati Aturan

Di Kaltim belum ada satupun kabupaten yang meraih 5 kali WTP secara berturut-turut. Baru Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang

Ingin Kubar Raih 5 Kali WTP, Bupati Ingatkan Pegawai dalam Mengelola Keuangan Selalu Taati Aturan
HUMASKAB KUBAR
Bupati FX Yapan memberikan pengarahan kepada sejumlah pejabat OPD seusai Apel Pagi di halaman depan kantor Bupati, Senin (19/8/2019). Ia antara lain berbicara mengenai pentingnya bagi Kutai Barat untuk meraih kembali WTP. 

SENDAWAR - Bupati Kutai Barat FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja minta semua Perangkat Daerah (PD) dilingkungan Pemkab Kubar perketat pengelolaan keuangan, dengan tujuan untuk mempertahankan Opini WTP, dan tahun ini kita berharap mampu meraih WTP ke lima.

"Di Kaltim belum ada satupun kabupaten yang meraih 5 kali WTP secara berturut-turut. Baru Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang yang sudah pernah meraihnya. Oleh sebab itu kita berupaya agar mampu meraih WTP lima kali berturut-turut sebagai Kabupaten pertama," kata Bupati pada Apel Pagi dihalaman depan kantor Bupati, Senin (19/8/2019).

Selanjutnya Bupati meninta bagi PD yang masih memiliki kewajiban, agar segera menindaklanjuti dan jangan menganggap sepele kewajiban tersebut.

Oleh sebab itu kita harus mengikuti aturan dan prosedur, dan dalam pengelolaan keuangan PD, Bupati tidak pernah melakukan intervensi, namun hanya berpesan dan mengingatkan agar selalu berbuat sesuai, karena apabila kita sudah berbuat sesuai pasti hasilnya baik.

Turut hadir dalam apel tersebut Sekretaris Kabupaten, Asisten, serta kepala PD dilingkungan Pemkab Kubar.

Dalam kesempatan tersebut secara khusus Bupati meninta Inspektur Inpektorat Wilayah Daerah untuk melaporkan proggress kewajiban karena hal tersebut bisa mempengaruhi Opini yang diberikan oleh BPK ke depan.

Dalam pengelolaan keuangan, Bupati juga mengingatkan kepada seluruh PD dimana saat ini sudah masuk triwulan ketiga, agar realisasi fisik segera dikejar pencapaiannya.

Secara khusus kepada Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan DPMK yang memang harus bekerja keras dimana sasaran kerja sampai ke tingkat kampung, dan yang lebih penting seluruh PD terus perketat laporan keuangan dan lakukan jemput bola agar laporan keuangan berjalan secara maksimal.

Bupati juga menyampaikan terima kasih atas keberhasilan yang sudah kita capai selama ini, dan yang belum kita capai hendaknya memotivasi kita untuk tingkatkan sinergitas dan produktifitas demi upaya untuk mencapainya.

"Sebelum masa tugas saya berakhir ada beberapa target yang harus kita capai pertama pemberantasan narkoba, sehingga diharpkan melalui keluarga, tokoh agama, pendidikan dan tokoh masyarakat bisa menyampaikan kepada seluruh generasi muda tentang bahaya narkoba, dan jangan biarkan generasi muda kita terlibat kasus narkoba," terang Bupati.

Target kedua adalah kebersihan lingkungan, oleh sebab itu melalui PD teknis bisa menyampaikan surat edaran untuk menjaga kebersihan lingkungan kepada seluruh toko, pasar, kantor, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan untuk tidak membuang sampah-sampah plastik dengan sembarangan malah sebaliknya untuk diminimalisir.

Kedepan juga diminta kedepan PD teknis untuk membuat himbauan baik di baliho atau sepanduk yang dipasang dilokasi-lokasi strategis, himbauan jangan membuang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan lingkungan kita bersama.

Dan dengan adanya himbauan tersebut diharapkan masyarakat bisa sadar, dan saya yakin jika kita ada upaya menjaga kebersihan kita akan bisa melakukannya, karena kebersihan adalah iman.

Ketiga adalah target ketahanan pangan. Diharapkan semua keluarga bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk mencapai ketahanan pangan, dengan ketahanan pangan diharapkan keluarga kita sehat, masyarakat maju dan mandiri.

Tidak lupa Bupati juga meminta pada kegiatan apel berikutnya kepala PD, Bagian, Seksi untuk mengingatkan seluruh staf untuk mengikuti apel gabungan yang rutin kita laksanakan setiap bulannya.(hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved