Kabut Asap, Dinas Pendidikan Berau Belum Liburkan Sekolah

Kabut asap masih melanda wilayah Berau, bahkan kabut asap terparah terjadi pada hari Sabtu (17/8/2019),

Kabut Asap, Dinas Pendidikan Berau Belum Liburkan Sekolah
TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen
Kabut asap yang menylimuti wilayah Berau dinilai masih dalam kondisi yang aman, meski begitu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker atau mengurangi aktivitas di luar ruangan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Kabut asap masih melanda wilayah Berau, bahkan kabut asap terparah terjadi pada hari Sabtu (17/8/2019), hingga menyebabkan sejumlah jadwal penerbangan mengalami penundaan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, juga telah mengimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Masyarakat juga diingatkan untuk menggunakan masker jika hendak bepergian.

Meski begitu, hingga saat ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Berau belum memutuskan untuk meliburkan para pelajar, untuk mengurangi dampak gangguan kesehatan akibat kabut asap ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan Berau, Suprapto mengakui, wilayah Berau memang diselimuti kabut asap, namun masih dalam kondisi yang relatif aman.

“Kami menganggap belum sampai tahap menganggu aktivitas belajar mengajar. Saya juga sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk kondisi efek kabut asap, sejauh ini masih dalam batas toleransi. Jadi sementara ini kami belum meliburkan anak-anak (sekolah)," ujarnya

Sejauh ini, kata Suprapto, belum ada keluhan baik dari pihak sekolah maupun orangtua pelajar maupun peserta didik yang mengeluhkan kondisi ini.

Meski demikian, kata Suprato, jika kabut asap makin parah dan dianggap mengancam kesehatan, maka pihaknya akan meliburkan kegiatan belajar-mengajar dan menggantinya dengan tugas sekolah dikerjakan di rumah.

“Kalau ada pihak sekolah yang ada yang merasa membutuhkan masker bisa koordinasikan ke kami, nanti kami yang akan sampaikan ke Dinas Kesehetan.

Yang jelas untuk memutuskan libur atau tidak karena dampak kabut asap ini, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungna Hidup dan Dinas Kesehatan. Kalau memang diperlukan, diliburkan. Kalau tidak, sekolah tetap berjalan seperti biasa,” tegasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Berau, Bambang Sunarto mengatakan, meski diselimuti kabut asap, kondisi saat ini masih cukup aman. Karena itu penggunaan masker serta mengurangi aktivitas di luar ruangan masih sebatas imbauan.

Halaman
1234
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved