Ketua Lembaga Adat Paser Harap DPRD Anggarkan Dana Pembangunan Lamin Adat

Ketua Lembaga Adat Paser (LAP) Kabupaten PPU, Musa mengatakan, mewakili pengurus dan tokoh-tokoh adat, berharap anggota DPRD yang baru,

TribunKaltim.Co/Heriani AM
Kondisi terkini rumah adat paser, pembangunan sudah 25 persen namun mangkrak karena keterbatasan anggaran. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pasca dilantiknya 24 anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) periode 2019-2024, banyak harapan yang digantungkan dipundak para wakil rakyat ini, termasuk masyarakat  Paser.

Ketua Lembaga Adat Paser (LAP) Kabupaten PPU, Musa mengatakan, mewakili pengurus dan tokoh-tokoh adat, berharap anggota DPRD yang baru, bisa menjalankan tugas dan amanah dengan baik, sesuai harapan masyarakat PPU dan masyarakat adat untuk membangun PPU lebih baik.

Program adat ke depan cukup banyak sehingga  secara khusus pengurus LAP akan menjalin komunikasi dengan DPRD, terkait urusan adat dan Peraturan Daerah (Perda) lembaga adat.

"Yang nanti akan diterbitkan di PPU," ujarnya.

Selain itu, perosalan pembagunan lamin atau rumah adat Paser yang sampai saat ini mangkrak karena keterbatasan anggaran, diharapkan agar tahun 2020 dianggarkan kembali.

"Pembangunan yang ada sekarang hanya satu perempat persen, bangunan yang ada baru 28 meter persegi dari full desain 90 meter persegi. Harapan kami DPRD akan menganggarkan untuk pembangunan lamin," tuturnya.

Terpisah, Kepala Bidan Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten PPU, Supardi menjelaskan, dari total full desain, saat ini konstruksi bangunan baru 25 persen. Pihaknya akan mengusulkan anggaran lanjutan pada APBD 2020 mendatang.

"Akan diusulkan di APBD 2020 untuk kelanjutannya, kita tunggu saja nanti proses pembahasan di 2020," katanya, Selasa (20/8/2019).

Dijelaskannya, untuk penyelesaian pembangunan full desain, dibutuhkan anggaran Rp 20 miliar. Anggaran full desain sudah mencakup fasilitas pendukung seperti kamar, halaman, taman, kamar mandi dan sebagainya.

"Semacam mess begitu. Jadi nanti lengkap dengan fasilitas pendukung dari full desainnya," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Calon Ketua DPRD Kaltim, Andi Harahap Perjuangkan PPU Paser. Sebut Tahun Depan Jalan Sepaku Mulus

Mantan Ketua DPRD PPU Nanang Ali Akui Ingin Istirahat, Kembali Lagi 5 Tahun Mendatang

25 Anggota DPRD PPU Periode 2019-2024 Dilantik Hari Ini

Amankan Pelantikan DPRD Penajam, Polres PPU Kerahkan 30 Personel

Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved