Bukalapak Dorong UMKM di Daerah, Tugas Pemkab Menyiapkan para Pelaku Usahanya

Apkasi resmi berkolaborasi dengan marketplace Bukalapak untuk mengakselerasi pemasaran UMKM di daerah-daerah.

Bukalapak Dorong UMKM di Daerah, Tugas Pemkab Menyiapkan para Pelaku Usahanya
Tribunnews/Jeprima
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, Co-Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid dan CO-Founder dan CTO Bukalapak Nugroho Herucahyono saat menghadiri perayaan Ulang Tahun Bukalapak Ke 9 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019). Mengangkat tema Menerobos Batas perayaan ulang tahun Bukalapak ke 9 kini telah merangkul lebih dari 4 juta pelapak dan 50 juta pengguna se-indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) resmi berkolaborasi dengan marketplace Bukalapak untuk mengakselerasi pemasaran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbagai daerah di Tanah Air.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas dan CEO Bukalapak Achmad Zaky di sela-sela acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apkasi di Badung, Rabu (21/8).

Penandatanganan kerja sama disaksikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko P. Sandjojo, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha, dan ratusan bupati.

Tahap Pertama, Bukalapak Dorong 1.000 Mitra Gunakan Sistem Pembayaran QRIS

Bertemu Presiden Jokowi, CEO Bukalapak sudah Plong, #JokowiOrangBaik jadi Trending Topic

Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas menjelaskan dengan kolaborasi ini, kabupaten tidak perlu repot bikin marketplace sendiri. Bukalapak akan boost UMKM di daerah, tinggal tugas pemkab siapkan UMKM-nya.

"Ini sekaligus menindaklanjuti pidato kenegaraan Presiden Jokowi 16 Agustus lalu, di mana Pak Jokowi secara eksplisit menyatakan terus mendorong penciptaan produk daerah berdaya saing yang dipasarkan secara nasional, bahkan global, melalui marketplace," imbuh Anas dalam keterangan pers, Rabu (21/8).

Anas mengatakan, landing page khusus di Bukalapak disiapkan untuk kabupaten-kabupaten se-Indonesia. "Dan itu akan ada treatment khusus dari Bukalapak untuk dipromosikan, sehingga UMKM kabupaten bisa dapat pasar yang luas," ujar Anas yang juga bupati Banyuwangi.

"Marketplace bukalapak itu tiap bulan dikunjungi lebih dari 100 juta kali. Transaksinya setahun Rp 50 triliun. Artinya UMKM kabupaten punya sasaran tembak puluhan juta orang melalui kerja sama khusus Apkasi ini," imbuh Anas.

Sekjen Apkasi Najmul Akhyar menambahkan, selain pemasaran, Bukalapak akan ikut mendampingi lewat berbagai pelatihan seperti manajemen keuangan, packaging, dan sebagainya, sehingga UMKM udaerah bisa lebih berdaya saing.

Halaman
12
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved