Pemkab Penajam Harap Pemprov Kaltim Segera Bangun Akses Jalan Jembatan Pulau Balang, Tinggal 20 Kilo

biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan akses jalan yang rencananya dibangun dengan lebar 50 meter oleh Pemprov Kaltim, yakni Rp 150 miliar

Pemkab Penajam Harap Pemprov Kaltim Segera Bangun Akses Jalan Jembatan Pulau Balang, Tinggal 20 Kilo
TRIBUNKALTIM/SITI ZUBAIDAH
Jembatan Pulau Balang yang ada di kawasan Teluk Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Akses jalan pendekat Jembatan Pulau Balang sisi Penajam Paser Utara (PPU) dari titik jembatan menuju Sungai Riko, menuju Buluminung, menuju Coastal Road yang akan ditingkatkan sisa 20 kilometer.

Pemkab PPU, akan bersurat ke Pemprov Kaltim agar segera menyelesaikan akses pendekat tersebut.

Kabag Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang mengatakan, biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan akses jalan yang rencananya dibangun dengan lebar 50 meter oleh Pemprov Kaltim, yakni Rp150 miliar.

"Kita lagi buat surat untuk ditandatangani Pak Bupati terkait usulan ke Pemprov Kaltim, agar segera ditangani entah menggunakan APBD Provinsi atau Bankeu (bantuan keuangan, red)," kata Kabag Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang, Rabu (21/8/2019).

Akses jalan pendekat Jembatan Pulau Balang selebar 50 meter tersebut, sesuai perencanaan Pemprov Kaltim.

Kabag Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang mengharapkan, pemprov segera menindaklanjuti jalan tersebut, sedikitnya dengan lebar 10 meter agar bisa fungsional.

Tidak mesti mengikuti perencanaan awal yang biayanya sangat besar.

Agar tahap awal bisa dikerjakan tanpa ada pembebasan lahan.

"Artinya yang penting jalannya fungsional dulu. Kita minta provinsi kerjakan sesuai dengan eksisting dulu. Yang penting fungsional dulu, kalau nanti mau dilebarkan sampai 50 meter, tergantung anggaran dari Provinsi," terang Kabag Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang.

Nicko Herlambang
Nicko Herlambang (Tribunkaltim.co, Heriani AM)

Jika lebar jalan dengan 10 meter sudah ada badan jalannya, tidak perlu ada pembebasan lahan. Namun jika menunggu pembangunan akses pendekat dengan lebar 50 meter, harus mengurus pembebasan lahan yang cukup banyak sehingga proses cukup lama.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved