Ibu Kota Baru

Bukit Soeharto Dicoret, Walikota Balikpapan Masih Yakin Kaltim Tetap Dipilih jadi Ibu Kota Baru RI

Walikota Balikpapan Rizal Effendi kepada sejumlah wartawan pun menyatakan optimis meski lokasi Bukit Soeharto telah dicoret.

Bukit Soeharto Dicoret, Walikota Balikpapan Masih Yakin Kaltim Tetap Dipilih jadi Ibu Kota Baru RI
Tribunkaltim.co/Syaiful Syafar
Rizal Effendi, Walikota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Mencuatnya Penajam Paser Utara belakangan ini tidak terlepas dari rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan. 

Kali ini Kalimantan Timur menjadi kandidat yang diunggulkan menjadi lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia. Selain Kalimantan Tengah, tentu Kalimantan Timur pun dianggap potensial jadi Ibu Kota Baru RI. 

Belakangan ini lokasi Bukit Soeharto di Kalimantan Timur yang digembar-gemborkan jadi kandidat Ibu Kota Baru RI, dinyatakan tidak lagi jadi kandidat Ibu Kota Baru. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappenas secara langsung saat berada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (20/8/2019). 

Menanggapi hal itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi kepada sejumlah wartawan pun menyatakan optimis meski lokasi Bukit Soeharto telah dicoret, sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Kepala Bappenas, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro

"Peluang Kaltim tetap ada, apakah itu Bukit Soeharto yang sudah dicoret atau peluang yang lain yang ada di Penajam Paser Utara. Saya kira tetap dipilih itu Kaltim," ujarnya di kantor Gedung Walikota Balikpapan, Jl Jenderal Sudirman, menaggapi Bukit Soeharto dicoret menjadi kandidat Ibu Kota Baru RI.

Melirik ke lokasi Penajam Paser Utara, terungkap, kriteria yang disyaratkan oleh Bappenas menjadi Ibu Kota Baru RI bisa dikatakan cocok. 

Apalagi beberapa tahun lalu pun pihak Polri pun sempat mendatangi Penajam Paser Utara, seperti sampai di Sotek, yang hasilnya pun menyatakan layak dari sisi kemanan lalu-lintas, pas jadi Ibu Kota Baru RI. 

Pihak pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara pun merasa sangat siap jika dipilih menjadi lokasi Ibu Kota Baru.

Bahkan beberapa kali Bupati Abdul Gafur Masud yang pimpin Penajam Paser Utara terus menyatakan dukungan yang maksimal. 

Bupati Abdul Gafur Masud di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Bupati Abdul Gafur Masud di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. (Tribunkaltim.co/Muhammad Fachri)

Saat bersua dengan Tribunkaltim.co, Bupati Abdul Gafur Masud membeberkan jika di Penajam Paser Utara tersedia lahan yang luas, saat pemerintah pusat meminta, tanpa dihambat dan merespon cepat, langsung memberikan lahan yang bisa dipakai jadi Ibu Kota Baru. 

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved