Berita Pemprov Kalimantan Timur

Gubernur Tegaskan Bukit Soeharto Bukan Hutan Lindung: Sudah Saya Sampaikan ke Pak Menteri PPN

Gubernur Kaltim Isran Noor kembali menegaskan bahwa Bukit Soeharto yang diusulkan menjadi lokasi ibu kota negara, bukan areal hutan lindung.

Gubernur Tegaskan Bukit Soeharto Bukan Hutan Lindung: Sudah Saya Sampaikan ke Pak Menteri PPN
HUMASPROV KALTIM/SAMSUL ARIFIN
Gubernur Kaltim Isran Noor sebagai narasumber dalam ILC TVOne di Jakarta, Selasa (20/8/2019). Tema ILC kali ini mengusung tema "Perlukah Ibu Kota Negara dipindahkan." 

JAKARTA - Dalam siaran langsung program Indonesia Lawyer Club' (ILC) yang dipandu wartawan senior Karni Ilyas, Gubernur Kaltim Isran Noor kembali menegaskan bahwa Bukit Soeharto yang diusulkan menjadi lokasi ibu kota negara, bukan areal hutan lindung.

"Siang tadi (Selasa lalu) saya sudah sampaikan ke Pak Menteri PPN (Bambang Brodjonegoro), Bukit Soeharto itu bukan hutan lindung," tegas Isran dalam ILC yang mengusung tema "Perlukah Ibu Kota Negara dipindahkan", Selasa malam (20/8/2019).

Dijelaskan Isran, lokasi dimaksud merupakan hutan produksi eks HPH PT Inhutani dan PT Kayu Mahakam yang saat ini sebagian sudah dihijaukan kembali dan sebagian dikelola masyarakat tanpa surat-surat resmi.

Hutan lindung memang ada di sisi selatan Bukit Soeharto yakni Hutan Lindung Sungai Wain dan Sungai Manggar. Isran menegaskan hutan lindung ini memang tidak boleh diganggu karena terdapat banyak spesies flora da fauna yang harus dilestarikan, termasuk orangutan.

Tanpa ragu Isran juga mengatakan, bahwa pemindahan ibu kota negara adalah urusan negara. Di mana pun Presiden Joko Widodo nanti memilih lokasinya, pemerintah daerah dan masyarakat Kaltim siap memberikan dukungan.

"Sebenarnya ini sudah pas, karena kerajaan pertama di Indonesia itu ada di Kutai, abad keempat. Tapi sejarah kan bukan jadi pertimbangan. Yang jelas, dimana pun kita akan dukung," tegas Isran. (sul/advertorial)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved